Ibrahim bin Walid, 70 Malam Menjadi Khalifah Dinasti Umayyah – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Ibrahim bin Walid, 70 Malam Menjadi Khalifah Dinasti Umayyah

Published

on

[ad_1]


loading…

Ibrahim bin Al-Walid ialah Khalifah Bani Umayyah yang memerintah dalam waktu singkat pada tahun 744 M. Ia turun tahta dan bersembunyi karena ketakutan terhadap lawan-lawan politiknya.Ibrahim naik tahta menggantikan Yazid III. Imam Suyuthi menceritakan sebenarnya Yazid III menolak memberi wasiat untuk mengangkat Ibrahim sebagai penggantinya.

Kabarnya saat Yazid III pingsan menjelang wafatnya, Qathn menulis surat wasiat atas nama Yazid III yang berisikan pengangkatan Ibrahim sebagai khalifah. Jadi, ini semacam fait accompli.

Baca juga: Khalifah Yazid bin Walid: Kekuasaan 6 Bulan, Buah dari Kudeta Berdarah

Tapi kedudukan Ibrahim nyaris tidak diakui oleh sejarawan. Dalam buku The History of al-Tabari disebutkan, terjadi proses delegitimasi yang intens terhadap kedudukannya – hanya seminggu menjabat sebagai khalifah, kekuasaannya menyusut menjadi hanya sekadar Amir, dan hanya seminggu kemudian, iapun seakan hilang dari orbit kekuasaan, bukan khalifah, bukan pula seorang Amir.

Menurut Abu Hashim Mukhallad bin Muhammad, masa pemerintahan Ibrahim bin Walid hanya berlangsung 70 malam. Ini agak lebih lama dari durasi kekuasaan Muawiyah bin Yazid (Muawiyah II) yang hanya menjabat 40 hari saja.

Ketika mendapuk dirinya sebagai khalifah, banyak pihak yang enggan memberi bai’at kepada Ibrahim bin Walid.

Marwan bin Muhammad – gubernur Armenia dan sosok yang sangat mencintai Walid II – begitu mendengar kabar tentang kematian Yazid III, langsung bergerak bersama 80.000 pasukannya menuju Damaskus.

Ketika memasuki wilayah Hims, Marwan melihat ada yang janggal dengan situasi di sana. Ternyata sebelumnya sudah datang Sulaiman bin Hisham yang diutus oleh Ibrahim untuk mengambil baiat dari masyarakat Hims, tapi masyarakatnya menolak. Sehingga Sulaiman bin Hisham mengepung wilayah ini dengan 120.000 pasukan.

Baca juga: Kisah Muawiyah bin Yazid Menolak Menjadi Khalifah karena Trauma

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Ibrahim #bin #Walid #Malam #Menjadi #Khalifah #Dinasti #Umayyah

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved