Hukum Puasa Wanita Hamil dan Menyusui – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Hukum Puasa Wanita Hamil dan Menyusui

Published

on



loading…

Kewajiban puasa Ramadhan dibebankan kepada seluruh umat Islam yang sudah baligh dan mampu melaksanakannya, tak terkecuali kepada wanita hamil . Lantas bagaimana cara berpuasanya dan bagaimana hukumnya bila wanita hamil tidak mampu melaksanakannya?

Baca juga: Bolehkah Memadukan Puasa dengan Diet? Bagaimana Hukumnya?

Dalil wajibnya berpuasa, Allah Ta’ala berfirman :

وعلى الذين يطيقونه فدية طعام مسكين

“Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi Makan seorang miskin.” (QS. Al-Baqarah: 184)

Baca juga: Inilah ‘Petunjuk’ Jodoh Kita Telah Mendekat!

Dahulu diberikan keringanan terhadap orang tua, walaupun mereka mampu berpuasa. Mereka boleh berbuka dan sebagai gantinya, mereka memberi makan satu orang miskin untuk setiap satu hari yang tidak berpuasa. Begitu pula terhadap wanita menyusui dan wanita hamil, jika keduanya takut membahayakan anak-anak mereka, maka mereka boleh berbuka dan sebagai gantinya memberi makan (orang miskin).” Hadisnya diriwiayatkan dari Abu Dawud yang di dishahihkan oleh Al-Albany dalam Kitab Irwa’ul Ghalil.

Baca juga: 4 Tips Menyambut Bulan Ramadhan

Perlu diketahui bahwa berbuka bagi wanita hamil hukumnya, kemungkinan boleh, wajib atau haram. Seperti dilansir islamqa, wanita hamil boleh berbuka, jika puasa terasa berat bagi dirinya, meskipun tidak membahayakannya. Wajib (berbuka) jika puasa baginya membahakan dirinya atau membahayakan janinnya. Dan haram apabila puasa tidak memberatkan dirinya.



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved