Hitam Maupun Putih Sama Sesatnya? Ini Beda Dukun dan Sihir Dengan… – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Hitam Maupun Putih Sama Sesatnya? Ini Beda Dukun dan Sihir Dengan…

Published

on



loading…

DUKUN bukan hanya yang notabene beraliran hitam, yang biasanya ditandai dengan mengenakan belangkon atau ikat kepala dan pakaian serba hitam. Tidak lupa menyelipkan sebilah keris di pinggang serta menyalakan kemenyan dan dupa di depannya. Namun, termasuk mereka juga adalah yang menamakan diri “ dukun putih ”.

Baca juga: Begini Cara Pencegahan dari Sihir dan Ilmu Hitam yang Diajarkan Rasulullah SAW

Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar As Sidawi dalam bukunya berjudul “Jihad Melawan Perdukunan” mengingatkan yang kedua ini kerap berbusana bak seorang wali, dengan serban di kepala dan jubah putih, serta tidak lupa bersenjatakan seuntai tasbih yang biji bijinya terkadang mengalahkan besarnya bola pingpong. “Mereka semua sama!” tegasnya. Maksudnya, sama sesatnya dengan dukun yang beraliran hitam.

Dia berharap seorang muslim hendaknya bersikap cerdas dalam menilai sesuatu. Hendaknya dia tidak mudah terkecoh dengan tipuan penampilan. Justru dia tetap menjadikan substansi sesuatu sebagai tolok ukur penilaian. “Sebagai dampak kebodohan umat terhadap agama Islam atau terlalu liciknya tipu muslihat seorang paranormal dalam menjalankan aksinya, dengan berkedok sebagai seorang ustaz, kiai, atau habib, atau praktik pengobatan, ritual kesesatan ini semakin tumbuh subur di tengah masyarakat,” tuturnya.

“Dengan menggunakan simbol-simbol dan amalan-amalan yang berbau Islam yang diambil dari ayat-ayat suci al-Qur‘an, kesesatan ritual mereka semakin tidak tampak,” lanjutnya..

Apalagi penampilan mereka terkesan begitu islami, misalkan dengan serban, gamis, dan berjenggot dan memenuhi ruang praktiknya dengan ayat-ayat al Qur‘an atau tulisan Asma‘ul Husna yang dipajang di dinding, yang membuat orang awam semakin terkecoh dan tidak bisa mengelak, apalagi mengatakan bahwa pengobatan yang dilakukan si paranormal itu menyimpang, karena bacaan yang dibaca si pasien adalah lafal Islam, seperti: Bismillah, Allahu Akbar, dan sebagainya.

“Bagaimana mungkin berlandaskan ayat-ayat al-Qur‘an dan tidak merugikan orang dikatakan menyimpang?” Begitu keyakinan mereka.

Baca juga: Begini Doa Keberkahan untuk Anak yang Baru Lahir

Buku Membongkar Dunia Klenik dan Perdukunan Berkedok Karomah karya Ustaz Zainal Abidin bin Syamsuddin menyebut ada banyak contoh ritual yang dipergunakan oleh paranormal yang berkedok sebagai ustaz, kiai, atau habib berkaromah, di antaranya adalah:



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved