Doa Orang Didzalimi dan Balasan Perbuatan Dzalim – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Doa Orang Didzalimi dan Balasan Perbuatan Dzalim

Published

on




loading…

Doa orang yang didzalimi adalah salah satu doa yang sangat mustajab , karena doa orang yang terdzalimi akan dikabulkan oleh Allah ‘azza wajalla. Untuk itu, kita harus hati-hati jangan sampai segala ucapaan atau perbuatan dapat mendzalimi orang lain.Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

وَاتَّقِ دَعْوَةَ الْمَظْلُومِ فَإِنَّهُ لَيْسَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ الله حِجَابٌ

”Dan berhati-hatilah terhadap doa orang yang terzalimi, karena tidak ada penghalang antara doanya dengan Allah”.
(HR. Bukhoai dan Muslim)

Baca juga: Dahsyatnya Doa Orang yang Didzalimi

Beruntunglah kita, apabila orang yang terdzalimi tersebut hanya berdoa memohon kebaikan bagi dirinya atau bahkan memohon kebaikan untuk orang yang mendzaliminya, yaitu berupa hidayah. Sebaliknya, jika ia memohon keburukan untuk kita, maka terancamlah kita dengan doa tersebut, dan hanya kepada Allah kita memohon pertolongan.

Perbuatan Dzalim dan Balasannya

Dalam Islam, dzalim atau dzulmun merupakan lawan dari kata adil yang diartikan secara bahasa adalah menempatkan sesuatu bukan pada tempatnya, dan secara istilah adalah melakukan sesuatu yang keluar dari koridor kebenaran, baik karena kurang atau melebihi batas.

Islam melarang perbuatan dzalim baik terhadap diri sendiri, orang lain, bahkan terhadap Rabb pencipta alam semesta Allah ‘azza wa jalla. Disebutkan dalam hadis qudsi:

قَالَ الله تبارك وتعالى : يا عِبَادِي إِنِّي حَرَّمْتُ الظُّلْمَ عَلى نَفْسِي وَجَعَلْتُه بَينَكُمْ مُحَرَّماً فَلَا تَظَالمُوا

“Allah tabaaraka wa ta’ala berfirman : “wahai hamba-hambaKu sesungguhnya Aku mengharamkan kedzaliman atas diriKu, dan Aku jadikan kedzaliman diharamkan diantara kalian, maka janganlah kalian saling mendzalimi.”(HR Muslim)

Menurut Ustadz Faisal Abu Fatih, hadis tersebut menjelaskan bahwa Allah ‘azza wajalla mengharamkan perbuatan dzalim antara seorang hamba dengan hamba yang lainnya, bahkan terhadap Allah ‘azza wajalla kita lebih diharamkan untuk berbuat dzalim kepadaNya yaitu dengan berbuat syirik kepadaNya dan ini adalah kezaliman yang sangat besar.



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Doa #Orang #Didzalimi #dan #Balasan #Perbuatan #Dzalim

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved