Doa Melihat Hilal Saat Menyambut Bulan Baru Kalender Hijriyah – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Doa Melihat Hilal Saat Menyambut Bulan Baru Kalender Hijriyah

Published

on



loading…

Hilal dalam bahasa Arab berarti bulan sabit. Dalam Islam, hilal menjadi penentu dimulainya kalender Hijriyah . Penentuan awal bulan ini dapat dilakukan dengan aktivitas peneropongan terhadap posisi bulan sabit tersebut atau biasa disebut aktivitas rukyatul hilal.

Baca juga: Amalan Ringan Pagi Hari Pembuka Pintu Rezeki

Ketika bulan terlihat, umat muslim dianjurkan untuk melafalkan doa yang dibaca oleh Rasulullah SAW. Dilansir dari laman NU Online, berikut beberapa riwayat hadis yang menyebutkan doa yang dibaca oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam ketika melihat bulan. Di antaranya:

Baca juga: Ternyata, Bersoleknya Kaum Suami Sangat Dianjurkan

اللهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ (وفي رواية بِاليُمْنِ) وَالإِيمَانِ، وَالسَّلامِ وَالإِسْلامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَ تَرْضَى، رَبِّي (وفي رواية رَبُّنَا) وَرَبُّكَ اللَّهُ

Allāhu akbaru, allāhumma ahillahū ‘alainā bil amni (lain riwayat bil yumni), wal īmāni, was salāmi, wal islāmi, wat taufīqi li mā tuhibbu wa tardhā. Rabbī (lain riwayat rabbanā) wa rabbukallāhu.

Baca juga: Mengoptimalkan Dana PEN

Artinya, “Allah maha besar. Ya Allah, jadikanlah ini bulan ‘membawa’ keamanan (lain riwayat keberuntungan), keimanan, keselamatan, keislaman, petunjuk bagi amal yang Kau suka dan restui. Tuhanku (Tuhan kami) dan Tuhanmu adalah Allah,” (HR Ad-Darimi dan Ibnu Hibban).

Baca juga: Harga Bitcoin Tembus Rekor Tertinggi, Sudah Setara Satu Unit Rumah Mewah



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved