Dahsyatnya Keutamaan Zikir Hasbunallah Wani’mal Wakil’ – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Dahsyatnya Keutamaan Zikir Hasbunallah Wani’mal Wakil’

Published

on



loading…

Muslimah, di dalam Al-Quran ada kalimat zikir yang sangat masyhur , pada ujung ayat Al Imran ayat 173 yakni ‘hasbunallah wani’mal wakil,’ yang artinya ‘Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”. Ucapan zikir ini memiliki keutamaan yang luar biasa bagi umat muslim yang mengamalkannya.

Baca juga: Inilah Waktu-Waktu yang Allah Turunkan Limpahan Keberkahan

Zikir “Hasbunallah wani’mal wakil” merupakan salah satu bacaan yang sering diucapkan oleh para Nabi dan ulama salafus shalih, baik dalam keadaan lapang maupun saat menghadapi cobaan besar ataupun fitnah yang berat.

Dalam kitab ‘Riyâdh ash-Shâlihîn’ yang disusun oleh Imam Nawawi dijelaskan ucapan “Hasbunallâh wani‘mal-wakîl diucapkan oleh Nabi Ibrahim alaihissalam ketika dilempar ke dalam api. Juga diucapkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam ketika ada orang-orang mengatakan ‘

Baca juga: Doa Aqiqah Sesuai Sunnah Nabi SAW

“Sesungguhnya orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan (pasukan) untuk (menyerang) kamu. Oleh karena itu, takutlah kepada mereka,’ ternyata (ucapan) itu menambah kuat iman mereka dan mereka menjawab, ‘Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.’” (HR Bukhari)

Baca juga: Mengucapkan Talak Karena Emosi atau Canda, Ini konsekuensi Hukumnya

Ayat ini berkaitan dengan kaum Musyrikin pada zaman Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang secara represif menyerang kaum Muslimin saat itu. Kekuatan zikir ini melebihi kekuatan apa pun di dunia ini, serta menegaskan semangat tauhid pada diri orang Mukmin. Yaitu bahwa hanya kepada Allah sajalah tempat untuk berserah diri, dan pengakuan bahwa semua makhluk ciptaan-Nya adalah lemah atau tidak abadi.

Baca juga: Pemerintah Tolak Kubu Moeldoko, Pengamat: Kubu AHY Jangan Merasa Berhutang Budi



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved