Dahsyatnya Keutamaan Sahur, Tidak Lagi Kesiangan Sholat Subuh – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Dahsyatnya Keutamaan Sahur, Tidak Lagi Kesiangan Sholat Subuh

Published

on

Dahsyatnya Keutamaan Sahur, Tidak Lagi Kesiangan Sholat Subuh




loading…

Sambil menyambut bulan Ramadhan yang tinggal hitungan hari, umat muslim sebaiknya memahami keutamaan sahur. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya menyantap hidangan di waktu sahur sebelum menjalankan ibadah puasa. Salah satu keutamaan sahur adalah selain menjalankan perintah Nabi, juga membawa keberkahan karena tidak lagi kesiangan sholat Subuh. Artinya, orang yang makan di waktu sahur menjadi terbiasa sholat Subuh berjamaah di masjid.

Baca Juga: Berikut 7 Keutamaan Sahur yang Jarang Diketahui

Dalam bahasa Arab kata Sahur berasal dari kata “sahar” yang berarti akhir malam atau waktu menjelang Subuh. Sementara pengertian Sahur secara istilah yaitu makanan atau minuman yang dikonsumsi pada waktu sahur.

Rasulullah SAW telah memerintahkan umat Islam agar makan di waktu sahur sebagaimana diriwayatkan Ibnu Abi Syaibah, Abu Ya’la dan Al-Bazzar. Beliau bersabda: “Barangsiapa yang mau berpuasa hendaklah sahur dengan sesuatu.”

Berikut Keutamaan Sahur dikutip dari berbagai sumber:

1. Mendapat Keberkahan Hingga Terbiasa Sholat Subuh Berjamaah
Dalam satu Hadis shahih, Rasulullah SAW bersabda: “Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Sahur mendatangkan keberkahan di antaranya memudahkan umat Islam mnunaikan sholat Subuh di masjid. Artinya, tidak ada lagi alasan bagi umat muslim kesiangan sholat subuh karena telah bangun sebelum Fajar.

2. Membuat Fisik Lebih Kuat
Makan di waktu sahur termasuk sumber energi. Imam Nawawi rahimahullah berkata: “Barokah makan sahur amat jelas yaitu semakin menguatkan dan menambah semangat orang yang berpuasa.” (Syarh Shahih Muslim, 7: 206). Orang yang makan sahur akan membuat fisiknya lebih kuat dan staminanya lebih terjaga dibanding orang yang tidak makan sahur.

3. Keberkahan Melimpah
Umat muslim akan merasakan keberkahan yang berlimpah di waktu sahur. Dari Abu Sa’id al-Khudri, Rasulullah SAW bersabda: “Sahur adalah santapan yang diberkahi, jadi jangan mengabaikannya, bahkan jika salah satu dari kalian hanya mengambil seteguk air, karena Allah dan malaikat-Nya mengirimkan berkah bagi mereka yang makan sahur.” (HR Ahmad)



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Dahsyatnya #Keutamaan #Sahur #Tidak #Lagi #Kesiangan #Sholat #Subuh

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved