Cara Melaporkan Website/Situs Berkonten Negatif – Bagyanews.com
Connect with us

IT

Cara Melaporkan Website/Situs Berkonten Negatif

Published

on

[ad_1]

Dunia digital (internet) semakin berkembang, kebebasan mengakses informasi pun menjadi elemen yang sangat penting. siapapun dapat berkomentar , menulis artikel dan memberi opininya dengan mudah. namun ibarat dua sisi mata pisau , hal ini dapat memberikan efek positif juga efek negatif jika disalahgunakan.

Efek positifnya kita dapat mencari informasi dengan mudah tentang apa saja yang ingin kita tahu. seperti mengakses IT-Jurnal khusus tentang perkembangan teknologi atau juga mengakses nontoners  untuk info tentang review film (hehehe).

Namun dapat juga memiliki dampak negatif jika informasi yang di akses mengandung konten negatif seperti Radikalisme/terorisme , SARA/kebencian, Kekerasan , Pornografi , penipuan dagang/investasi , perjudian, virus / walware , pelanggaran hak cipta, dll

Website/situs berkonten negatif ini dapat menimbulkan pertengkaran dan memicu permasalahan yang lebih besar. oleh karena itu perlu peran aktif dari masyarakat atau kita sebagai pengguna internet, menjaga agar dunia digital atau internet menjadi tempat yang aman dan terbebas dari  berbagai konten negatif (internet positif).

Jika anda menemukan sebuah website/situs berkonten negatif seperti penjabaran diatas , kita dapat melaporkannya ke Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (kominfo). dengan dua cara yaitu

 Melaporkan Situs Berkonten Negatif

1. Mengirim Email ke Kominfo

Anda dapat melaporkan situ bermuatan konten negarif dengan cara mengirim email langsung ke alamat [email protected] . Laporan akan lebih efektif bila mencantumkan link, serta sejumlah bukti data secara terperinci yang benar-benar menjadi keberatan pelapor dan diperkirakan berdampak buruk bagi kepentingan publik. Data bisa berupa rekaman tampilan layar (screenshot) atau keterangan yang padat dan jelas.

2. Melalui Website 

Anda juga dapat mengunjungi situs milik kominfo khusus  untuk pengadua atau internet positif. berikut linknya http://trustpositif.kominfo.go.id . sudah tersedia beberapa field/kolom yang mempermudah anda melaporkan website bermuatan negatif.

Sekian artikel tentang cara melaporkan website yang berkonten negatif, semoga bermanfaat.

 

[ad_2]

Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved