Bolehkah Busana Muslimah Berwarna Selain Hitam? – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Bolehkah Busana Muslimah Berwarna Selain Hitam?

Published

on

[ad_1]

loading…

Mengenakan busana berwarna hitam bukanlah satu kewajiban bagi perempuan muslimah. Ia boleh mengenakan busana dengan warna apapun, asalkan tetap memenuhi syarat dalam menutup aurat dan tidak menimbulkan fitnah. Yang menjadi pertanyaan, apakah perempuan muslimah di zaman Nabi selalu berpakaian warna hitam ? Para ummul mukminin, istri-istri sahabat Nabi, atau para shahabiyah juga memakai busana warna hitam?

Baca juga: 5 Doa Para Nabi dan Keutamaan yang Bisa Diamalkan

Ada sebuah riwayat yang mengisyaratkan bahwa para istri sahabat nabi shallallahu alaihi wa sallam mereka mengenakan busana muslimah warna hitam. Imam abu Daud meriwayatka, dari Ummu Salamah ia berkata,

โ€œKetika turun ayat ูŠูุฏู’ู†ููŠู†ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู†ู‘ูŽ ู…ูู†ู’ ุฌูŽู„ุงุจููŠุจูู‡ูู†ู‘ูŽ para wanita Anshar keluar seolah-olah dikepala mereka ada burung gagak (berwarna hitam) karena kain (warna hitam) yang mereka kenakan.โ€ (HR Dawud)

Baca juga: Inilah Adab Ziarah Kubur Menurut Imam Al Ghazali

Kebanyakan para perempuan Anshar, saat zaman Rasulullah memang memakai busana berwarna hitam. Namun, ada beberapa riwayat yang juga menyebutkan bahwa perempuan muslimah di zaman nabi mengenakan busana selain warna hitam.

Dalam kitab Shahih Bukhari dijelaskan, dari Ikrimah mengisahkan, suatu ketika Rifaโ€™ah menceraikan istrinya. Lalu mantan istrinya tersebut dinikahi oleh Abdurrahman bin az-Zubair al-Qurazhi. Aisyah radhiyallahu โ€˜anha berkata,

ูˆูŽุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ุฎูู…ูŽุงุฑูŒ ุฃูŽุฎู’ุถูŽุฑู

โ€œDia mengenakan khimar (kerudung kepala) berwarna hijau.โ€

[ad_2]

Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved