Berikut Ini Mereka yang Terpelihara dari Fitnah dan Azab Kubur – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Berikut Ini Mereka yang Terpelihara dari Fitnah dan Azab Kubur

Published

on



loading…

Syaikh Umar Sulaiman al Asygar dalam bukunya berjudul Ensiklopedia Kiamat menjelaskan sebagian kaum mukmin yang melakukan amal-amal besar atau tertimpa musibah besar akan terjaga dari fitnah dan azab kubur. Di antara mereka adalah:

Baca juga: Begini Doa Memohon Perlindungan kepada Allah dari Fitnah dan Azab Kubur

Pertama, orang yang mati syahid .

Migdam ibn Ma’dikariba berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang mati syahid di sisi Allah memperoleh enam hal: diampuni sejak rohnya dicabut, melihat tempat tinggalnya di surga, terpelihara dari azab kubur, aman dari ketakutan besar (di hari kiamat), di atas kepalanya diletakkan mahkota kehormatan yang nilai satu batu mulia mahkota itu lebih baik dari dunia dan seisinya, mengawini tujuh puluh dua bidadari, dan dapat memberi syafaat kepada tujuh puluh kerabatnya.” (H.R. Tirmidzi dan Ibn Majah)

An-Nasa’i meriwayatkan dalam Sunan-nya dari Rasyid ibn Saad dari seorang sahabat Rasulullah SAW bahwa seorang lelaki bertanya, “Ya Rasulullah, kenapa kaum mukmin diuji dalam kubur mereka kecuali yang mati syahid?”

Beliau menjawab, “Cukuplah baginya ujian kilatan pedang di atas kepalanya.” (Sanadnya sahih. Lihat Ahkam al-Jana’iz, h. 36, Shahih al-Jami’ IV, h. 164)

Baca juga: Begini Ngerinya Azab Kubur Bagi Orang yang Dusta, Zina, dan Riba

Kedua, orang yang mati ketika bertugas jaga (sebagai prajurit) di Jalan Allah.

Fadhdhalah ibn Ubaid meriwayatkan dari Rasulullah SAW bahwa beliau bersabda, “Setiap yang mati akan selesai amalnya kecuali yang meninggal ketika bertugas jaga di jalan Allah. Amalnya terus tumbuh sampai hari kiamat dan ia akan aman dari fitnah kubur.” (HR Tirmidzi dan Abu Dawud).

Ketiga, orang yang meninggal pada hari Jumat.



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved