Berikut Amalan Menyongsong Ramadhan yang Dicontohkan Rasulullah SAW – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Berikut Amalan Menyongsong Ramadhan yang Dicontohkan Rasulullah SAW

Published

on

[ad_1]


loading…

Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Semoga saja kita semua diberi kemudahan dan kesempatan untuk bertemu bulan istimewa tersebut. Oleh karena bulan yang istimewa, Nabi Muhammad SAW menyiapkan diri dalam menyambut Ramadhan dengan sejumlah amalan ibadah.Rasulullah diriwayatkan kerap melakukan amalan ibadah sunnah yang bernilai kebajikan dalam menyambut Ramadhan. Tak lupa, beliau juga kerap memotivasi umat Islam di sekelilingnya menyambut Ramadhan dengan sukacita dengan menjalani ibadah.

Baca juga: Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil

Setidaknya, Nabi Muhammad SAW memiliki tiga strategi untuk mempersiapkan Ramadhan. Pertama, persiapan praktis seperti berpuasa dengan ikhlas.

Kedua, meminta keberkahan kepada Allah melalui doa. Ketiga, menasihati, memotivasi, dan mengingatkan orang-orang di sekitarnya tentang kedatangan Ramadhan. Beliau juga mendorong mereka melakukan perbuatan baik di dalamnya.

Di sisi lain, memohon keberkahan saat bulan sabit nampak juga dilakukan Rasulullah SAW. Setiap kali Nabi Muhammad melihat bulan sabit, beliau menandakan dimulainya bulan baru, termasuk Ramadhan. Maka beliau akan memanjatkan doa khusus.

Doa itu sebagaimana yang diriwayatkan Talhah bin Ubaidullah: “Saat melihat bulan baru (bulan lunar), Nabi biasanya berdoa: “Ya Allah, biarkan bulan ini menampakkan diri pada kami dengan keamanan dan keyakinan. Dengan keamanan dan Islam. Wahai Bulan, Tuanmu adalah Allah. Semoga bulan ini membawa petunjuk dan kebaikan.” Hadits ini diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi berkadar shahih.

Kemudian, Rasulullah juga mengingatkan orang-orang tentang berkah Ramadhan dan mendorong umat Muslim melakukan perbuatan yang lebih baik lagi.

Rasulullah SAW berkata: “Telah datang kepadamu Ramadhan, bulan yang diberkati, di mana Allah, Yang Mahakuasa telah memerintahkanmu untuk berpuasa.

Baca juga: Bolehkah Mengqadha Puasa Ramadhan Sekaligus Puasa Arafah?

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Berikut #Amalan #Menyongsong #Ramadhan #yang #Dicontohkan #Rasulullah

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved