Berdoa Setelah Sholat Fardhu dan Bantahan Bagi yang Mengingkarinya – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Berdoa Setelah Sholat Fardhu dan Bantahan Bagi yang Mengingkarinya

Published

on

[ad_1]

loading…

Berdoa setelah sholat fardhu (wajib) adalah salah satu waktu mustajab. Mayoritas ulama mengatakan berdoa setelah sholat fardhu merupakan salah satu Sunnah Nabi.

Namun, ada sebagian di antara kaum muslimin mengingkari berdoa setelah sholat wajib. Mereka beralasan tidak ada sunnah berdoa setelah sholat, yang ada hanyalah berzikir saja. Benarkah sikap seperti ini?

Baca Juga: Doa dan Zikir Setelah Shalat Fardhu

Ustaz Farid Nu’man Hasan menegaskan bahwa Imam Al-Bukhari dalam kitab shahih-nya telah menulis Bab Ad-Dua Ba’da Ash-Sholah (Bab Tentang Doa Setelah Sholat). Ini merupakan bantahan bagi yang mengingkari berdoa setelah sholat.

Bab ini ditulis Imam Al-Bukhari jauh sebelum Ibnu Taimiyah, Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyah dan Syekh Ibnu Utsaimin mengatakan bahwa “tidak ada berdoa setelah sholat”, Imam Al-Bukhari sudah menulis Bab di atas.

Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah berkata tentang itu:

قوله: “باب الدعاء بعد الصلاة” أي المكتوبة، وفي هذه الترجمة رد على من زعم أن الدعاء بعد الصلاة لا يشرع

“Ucapannya (Al-Bukhari) Bab Tentang Doa Setelah Shalat yaitu sholat wajib. Pada bab ini, merupakan bantahan atas siapa saja yang menyangkal bahwa berdoa setelah shalat tidak disyariatkan.” (Bantahan lengkap beliau terhadap Imam Ibnul Qayyim, lihat di Fathul Bari, 11/133-135. Darul Fikr)

Imam Ja’far Shadiq radhiyallahu ‘anhu, salah satu guru Imam Abu Hanifah berkata:

[ad_2]

Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved