Benarkah Hidangan Terbaik Saat Sahur Adalah Kurma? Begini Penjelasan Ulama – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Benarkah Hidangan Terbaik Saat Sahur Adalah Kurma? Begini Penjelasan Ulama

Published

on

[ad_1]


loading…

Salah satu amalan yang paling baik dalam menjalankan ibadah puasa Ramdhan adalah melakukan makan sahur . Amalan ini disepakati oleh para ulama dihukumi sunnah dan bukanlah wajib. Meski termasuk sunnah, tapi amalan sahur ini memiliki keutamaan karena dikatakan penuh berkah.Dalam hadismuttafaqun ‘alaih, dari Anas bin Malik, Nabishallallahu ‘alaihi wa sallambersabda :

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً

“Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca juga: Berkahnya Makan Sahur, Ini 7 Keutamaannya yang Jarang Diketahui

Yang dimaksud barokah adalah turunnya dan tetapnya kebaikan dari Allah pada sesuatu. Barokah bisa mendatangkan kebaikan dan pahala, bahkan bisa mendatangkan manfaat dunia dan akhirat. Namun patut diketahui bahwa barokah itu datangnya dari Allah yang hanya diperoleh jika seorang hamba mentaati-Nya

Terkait dengan hidangan sahur ini, ada menu terbaik ketika sahur. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Sebaik-baik sahurnya orang mukmin adalah kurma.’(HR. Abu Daud, Ibnu Hibban, dan dishahihkan al-Albani dan Syuaib al-Arnauth).

Kemudian dalam buku Mu’jam al-Kabir, disebutkan at-Thabrani dalam Mu’jam al-Kabir, dengan sanad yang di dalamnya terdapat perawi Ibnu Lahai’ah, dari sahabat Uqbah bin Amir radhiyallahu ‘anhu :

Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengambil segenggam kurma, kemudian beliau bersabda, Ini sebaik-baik hidangan sahur orang muslim.”

Yang dimaksuddalam hadis tersebut adalah kurma kering. Dan umumnya kurma yang beredar di tempat Indonesia sudah kering, berwarna hitam. Sedangkan kurma basah (Ruthab) berwarna hijau atau kecoklatan.

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Benarkah #Hidangan #Terbaik #Saat #Sahur #Adalah #Kurma #Begini #Penjelasan #Ulama

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved