Beginilah Kecintaan Sahabat Rasulullah kepada Ahlul Bait – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Beginilah Kecintaan Sahabat Rasulullah kepada Ahlul Bait

Published

on

[ad_1]

loading…

Cinta dan kasih sayang kepada sesama adalah satu ajaran mulia Islam. Sejak 15 abad lalu, Nabi Muhammad sudah mengajarkan hal tersebut kepada keluarga dan sahabat beliau.

Itu sebabnya, umat Islam diperintah agar menaruh cinta dan hormat kepada Rasulullah dan ahlul baitnya (keluarga dan orang rumah belia). Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Habib Quraisy Baharun menceritakan kecintaan sahabat kepada ahlul bait.

Baca Juga: Kenapa Berlebihan Mencintai Rasulullah, Ternyata Ini Alasannya!

Dalam perjalanan dakwah, Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… tidak saja berhasil menyatukan kaum Muhajirin dan Anshor dalam satu hati, langkah, dan pandangan dengan penuh cinta. Persaudaraan antara dua kelompok ini tertulis dalam tinta sejarah sebagai bentuk ideal kesatuan masyarakat yang berperadaban.

Di sisi lain, Rasulullah juga menebar ajaran cinta dan kasih sayang sehingga dengan perjuangan dakwah ini, beliau tidak berharap apapun selain kecintaan dan kasih sayang kepada keluarga dan keturunannya. Hal ini sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta’ala:

ู‚ูู„ู’ ู„ูŽุง ุฃูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูู…ู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุฃูŽุฌู’ุฑู‹ุง ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงู„ู’ู…ูŽูˆูŽุฏู‘ูŽุฉูŽ ูููŠ ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุจูŽู‰ูฐ

“Katakanlah: ‘Aku tidak meminta kepadamu sesuatu upahpun atas seruanku kecuali kasih sayang dalam kekeluargaan’.” (QS Asy-Syura: 23)

Al-Imam Al-Baghawi dalam tafsirnya menukil pendapat sahabat Abdullah bin Abbas terkait ayat tersebut. Dalam pandangannya makna dari illal mawaddata fil qurba adalah menjaga kerabat Rasulullah, menyayangi, dan menyambungnya. (Ma’alim Al-Tanzil, [Darul Ma’rifah Beirut] hlm: 4/124)

Bahkan secara tegas Rasulullah pernah berwasiat:

[ad_2]

Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved