Bacaan Surat Pendek Sholat Witir 3 Rakaat – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Bacaan Surat Pendek Sholat Witir 3 Rakaat

Published

on

Bacaan Surat Pendek Sholat Witir 3 Rakaat

[ad_1]


loading…

Bacaan surat pendek sholat witir 3 rakaat yang dicontohkan Rasulullah SAW bisa disimak dari sejumlah hadis. Rasulullah SAW memang membaca surat-surat tertentu ketika sholat witir, akan tetapi ini hukumnya tidak wajib. Dan kita boleh membaca surat apa saja yang mudah bagi kita.Baca juga: Larangan Sholat Witir Menyerupai Sholat Maghrib

Laman Konsultasi Syariah melansir di antara surat yang disunnahkan dibaca:

1. Jika sholat witirnya 3 rakaat, membaca surat Al-A’laa pada rakaat pertama, surat Al-Kafirun pada rakaat kedua, surat Al-Ikhlas pada rakaat ketiga.

عن أبي بن كعب قال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يوتر بسبح اسم ربك الأعلى وقل يا أيها الكافرون وقل هو الله أحد

“Dari ‘Ubay bin Ka’ab beliau berkata: Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sholat witir dengan membaca (Sabbihismarabbikal a’laa),dan (Qul yaa ayyuhal kafirun), dan (Qul huwallahu ahad).” (HR An-Nasai’y dan Ibnu Majah, dan dishahihkan oleh Syeikh Al-Albany)

Baca juga: Doa Witir: Begini Tata Cara dan Doa Setelah Sholat Witir

2. Atau Membaca surat Al-A’laa pada rakaat pertama, surat Al-Kafirun pada rakaat kedua, surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas pada rakaat ketiga. Hal ini berdasar hadis:

عن عبد العزيز بن جريج قال: سألنا عائشة بأي شيء كان يوتر رسول الله صلى الله عليه و سلم ؟ قالت كان يقرأ في الركعة الأولى بسبح اسم ربك الأعلى . وفي الثانية قل يا أيها الكافرون . وفي الثالثة قل هو الله أحد والمعوذتين

“Dari Abdul Aziz bin Juraij beliau berkata: Kami bertanya kepada ‘Aisyah: Dengan apakah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sholat witir? Maka ‘Aisyah menjawab: Beliau membaca (sabbihismarabbikal a’la) pada rakaat pertama, dan (qul yaa ayyuhal kafirun) ada rakaat yang kedua, dan (qul huwallahu ahad) serta (al mu’awwidzatain/al-falaq dan An-Naas) pada rakaat yang ketiga.” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzy, Ibnu Majah, dan dishahihkan Syeikh Al-Albany)

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Bacaan #Surat #Pendek #Sholat #Witir #Rakaat

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved