Baca Rutin di Malam Hari, Keutamaan 2 Ayat Terakhir Surat Al Baqarah Ini Luar Biasa – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Baca Rutin di Malam Hari, Keutamaan 2 Ayat Terakhir Surat Al Baqarah Ini Luar Biasa

Published

on



loading…

Para ulama mengatakan, barang siapa yang membaca 2 ayat terakhir surat Al-Baqarah di malam hari, maka ia akan mendapat keutamaan luar biasa untuk urusan dunia dan akhiratnya . Dua ayat tersebut juga dapat dijadikan zikir, karena di dalamnya terdapat doa kebaikan.

Baca juga: 3 Macam Rasa Malu yang Perlu Melekat Pada Diri

Sebuah hadis dari Abu Mas’ud Al-Badri radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadis di atas menunjukkan tentang keutamaan 2 ayat terakhir surat Al-Baqarah tersebut. Dua ayat terakhir Al-Baqarah ini termasuk ayat yang dibawa Malaikat Jibril dari gudang ‘Arsy bersama tiga kumpulan ayat lainnya. Tiga ayat lainnya yang dibawa Jibril dari ‘Arsy adalah 7 Ayat Surah Al-Fatihah; Ayat Kursi; dan Surah Al-Kautsar.

Baca juga: Hendak Bepergian? Amalkan Doa Bersafar Ini Agar Selalu Dalam Lindungan Allah Ta’ala

Dikutip dari beberapa sumber, keutamaan-keutamaan dari 2 ayat terakhir Surah Al-Baqarah yaitu dapat mencukupi seseorang. Para ulama berpendapat makna mencukupi itu sebagai berikut:
1. Mencukupinya dari Qiyamul Lail.
2. Mencukupinya dari membaca Al-Qur’an.
3. Dijauhkan dari kejahatan jin.
4. Dilancarkan rezekinya setiap hari.

Baca juga: Seperti Inilah Akal yang Dipuji Dalam Al-Qur’an

Berikut 2 Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah:

آَمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آَمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ (285) لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ (286)



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved