Asma Binti Yazid, Si Penyuara Hak-hak Perempuan – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Asma Binti Yazid, Si Penyuara Hak-hak Perempuan

Published

on

[ad_1]

loading…

Ada beberapa perempuan di masa awal perjuangan Islam , yang memiliki peran penting . Salah satunya adalah Asma binti Yazid bin Sakan bin Rafi bin Imri’il Qais bin Abdul Asyhal bin Haris al-Anshariyyah, al-Ausiyyah al-Asyhaliyah.

Ia adalah seorang muslimah ahli hadis yang mulia, mujahidah yang memiliki kecerdasan , dien-nya bagus dan ahli argumen atau seorang orator ulung mewakili kaumnya, sehingga dijuluki sebagai “juru bicara wanita”, atau si penyuara hak-hak perempuan.

Baca juga: Menyambut Kelahiran Sang Buah Hati, Ini Sunnah yang Dianjurkan

Di dalam kitab Nisaa’ Haular Rasul, disebutkan bahwa di antara sesuatu yang istimewa yang dimiliki oleh Asma adalah kepekaan inderanya dan kejelian perasaannya serta kehalusan perasaan.

Alkisah diceritakan, Asma Rhadiyallahu’anhu mendatangi Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pada tahun pertama hijrah dan berbai’at kepadanya dengan bai’at Islam. Rasulullah membai’at para wanita dengan ayat yang tersebut di dalam Al-Quran surat Mumtahanah.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّبِىُّ إِذَا جَآءَكَ ٱلْمُؤْمِنَٰتُ يُبَايِعْنَكَ عَلَىٰٓ أَن لَّا يُشْرِكْنَ بِٱللَّهِ شَيْـًٔا وَلَا يَسْرِقْنَ وَلَا يَزْنِينَ وَلَا يَقْتُلْنَ أَوْلَٰدَهُنَّ وَلَا يَأْتِينَ بِبُهْتَٰنٍ يَفْتَرِينَهُۥ بَيْنَ أَيْدِيهِنَّ وَأَرْجُلِهِنَّ وَلَا يَعْصِينَكَ فِى مَعْرُوفٍ ۙ فَبَايِعْهُنَّ وَٱسْتَغْفِرْ لَهُنَّ ٱللَّهَ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

“Hai Nabi, tolong datang kepadamu perempuan-perempuan yang beriman untuk diadakan janji setia, bahwa mereka tidak akan mermpersekutukan sesuatupun dengan Allah, tidak akan berhasil, tidak akan berzina, tidak akan membawa anak-anak, tidak akan membawa dusta yang mereka ada-adakan antara tangan dan kaki mereka dan tidak akan mendurhakaimu dalam urusan yang baik, maka terimalah janji setia mereka dan mohonkanlah ampunan kepada Allah untuk mereka .Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS. Al-Mumtahanah: 12).

Baca juga: Tanda-tanda Fisik Sebagai Sebuah Peringatan

Bai’at dari Asma ‘binti Yazid Rha adalah untuk jujur dan ikhlas, sebagaimana yang disebutkan periwayatannya dalam kitab-kitab sirah bahwa Asma menggunakan dua gelang emas yang besar, maka Nabi bersabda: “Tanggalkanlah dua gelangmu wahai Asma’, tidakkah kamu takut jika Allah memakaiakan gelang kepadamu dengan gelang dari neraka?”

[ad_2]

Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved