Arti Marhaban Ya Ramadhan – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Arti Marhaban Ya Ramadhan

Published

on




loading…

KH Ahmad Kosasih MAg
Pimpinan Dewan Syariah Daarul Qur’anArti Marhaban ya Ramadhan mungkin belum terlalu dipahami masyarakat. Meski kalimat ini amat sering diucapkan saat menyambut datangnya bulan suci Ramadan, namun tak jarang orang yang belum memahami artinya.

Kalimat Marhaban Ya Ramadhan bisa diartikan sebagai ucapan selamat datang bagi bulan Ramadhan. Namun, agar lebih jelas sebaiknya simak ulasan singkat berikut ini.

Baca Juga: 11 Amalan Bulan Ramadhan Bertabur Pahala

Arti Marhaban Ya Ramadhan dan Contoh Kalimatnya
Saat bulan suci Ramadhan hadir, kalimat ini sering digunakan oleh tokoh-tokoh nasional, pemuka agama, hingga masyarakat umum. Tapi banyak yang belum memahami arti Marhaban Ya Ramadhan dan bagaimana cara menggunakannya dalam kalimat yang baik dan benar.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Marhaban artinya adalah “kata seru untuk menyambut dan menghormati tamu”. Karena itulah kalimat Marhaban Ya Ramadhan sering dimaknai sebagai ucapan selamat datang untuk bulan yang penuh berkah seperti Ramadhan.

Namun, bukan hanya itu. Melansir dari buku Lentera Al-Qur’an, M Quraish Shihab, 1994, Marhaban berasal dari kata rahb yang berarti “luas atau lapang”. Dari kata Rahb, terbentuklah kata rahbah yang merujuk pada ruangan luas untuk mobil guna memperoleh perbaikan atau kebutuhan bagi kelanjutan perjalanannya. Sehingga Marhaban menggambarkan bahwa tamu yang datang disambut dengan lapang dada dan penuh kegembiraan.

Dengan demikian Marhaban Ya Ramadhan secara luas yaitu “Selamat datang Ramadan”, kami menyambutmu dengan penuh kegembiraan dan kami persiapkan untukmu tempat yang luas agar engkau bebas melakukan apa saja yang berkaitan dengan upaya mengasah dan mengasuh jiwa kami.”

Demikian penjelasan arti Marhaban Ya Ramadhan yang artinya adalah untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan dengan penuh suka cita dan lapang dada.

Keutamaan Bulan Ramadhan
Bulan Ramadhan yang ditunggu-tunggu oleh banyak muslim tentu saja tidak datang tanpa disertai keistimewaannya. Ya, Ramadhan adalah bulan yang begitu istimewa dibandingkan bulan-bulan lainnya dalam kalender Islam.

Apa saja keutamaan bulan Ramadan?
1. Bulan dengan pahala berlipat ganda bulan penuh berkah
2. Bulan diturunkannya Al-Qur’an
3. Puasa Ramadhan adalah rukun Islam
4. Bulan terkabulnya doa
5. Terdapat malam Lailatul Qadar
6. Dibukannya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka.

Baca Juga: Apakah Merokok Membatalkan Puasa?

(rhs)



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Arti #Marhaban #Ramadhan

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved