Arab Saudi Gelar Lomba Tilawah Quran dan Adzan Terbesar di Dunia – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Arab Saudi Gelar Lomba Tilawah Quran dan Adzan Terbesar di Dunia

Published

on




loading…

JAKARTA Arab Saudi menggelar kompetisi internasional membaca atau tilawan Al Quran dan adzan . Acara yang diselenggarakan oleh General Entertainment Authority (GEA) ini adalah kompetisi terbesar dari jenisnya.Lebih dari 40 ribu peserta dari 80 negara diseluruh ikut mendaftar untuk berpartipasi di dalamnya, 36 di antaranya lolos ke tahap akhir dari beberapa negara.

“Ini adalah kompetisi pertama di dunia yang menggabungkan dua kategori bacaan al-Quran dan adzan dalam satu program,” dalam keterangan tertulis Kedubes Arab Saudi, Kamis (14/4/2022).

Pertandingan ini akan disiarkan di sejumlah stasiun televisi Arab Saudi selama bulan Ramadhan .

“Kompetisi ini bertujuan untuk menonjolkan suara-suara indah dalam lantunan ayat suci al-Quran dan adzan,” kata Kedubes Arab Saudi.

Kompetisi ini juga inisiatif dari GEA yang berusaha menonjolkan bakat di bidang mereka.

“Kompetisi ini secara khusus berangkat dari prinsip mengagungkan al-Quran dan adzan serta menonjolkan estetika suara dan maqamat (sistem tangga nada, frase melodi kebiasaan, kemungkinan modulasi, norma ornamen, dan konvensi estetika) untuk qari dan muazin,” terang Kedubes Arab Saudi dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Tahun Ini, Arab Saudi Naikkan Jumlah Jamaah Haji Jadi 1 Juta

Nilai total hadiah kompetisi berjumlah USD3,2 juta atau sekitar Rp45 miliar, yang merupakan hadiah terbesar di dunia dalam bidang ini.

Hadiah untuk bacaan Al-Qur’an terbaik dibagi sebagai berikut: juara pertama USD1,33 juta (Rp19,1 miliar), juara kedua USD533.000 (Rp7,6 miliar), juara ketiga USD266.000 (Rp3,8 miliar), dan juara keempat USD133.000 (Rp1,9 miliar).

Sedangkan hadiah untuk lomba adzan terbaik dibagi sebagai berikut: juara pertama USD533.000 (Rp7,6 miliar), juara kedua USD266.000 (Rp3,8 miliar), juara ketiga USD133.000 (Rp1,9 miliar), dan juara keempat USD66.500 (Rp955 juta).

Baca juga: Arab Saudi Bolehkan 1 Juta Muslim Ibadah Haji Tahun Ini, Begini Syaratnya

(ian)



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Arab #Saudi #Gelar #Lomba #Tilawah #Quran #dan #Adzan #Terbesar #Dunia

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved