Apa yang Bisa Dipermudah, Jangan Dipersulit – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Apa yang Bisa Dipermudah, Jangan Dipersulit

Published

on

[ad_1]

loading…

Syariat yang Allah Subhanahu wa ta’ala turunkan kepada umat Nabi Shallallahu alaihi wa sallam tidak untuk menyulitkan. Justru sebaliknya. Allah Ta’ala menjadikan ketetapan-Nya agar sesuai dengan kemampuan setiap orang. Hal ini juga ditegaskan dalam Al-Qur’an:

Baca juga: Ucapan dan Doa Ulang Tahun Dalam Pandangan Syariat

Allah Ta’ala berfirman :

شَهۡرُ رَمَضَانَ الَّذِىۡٓ اُنۡزِلَ فِيۡهِ الۡقُرۡاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَ بَيِّنٰتٍ مِّنَ الۡهُدٰى وَالۡفُرۡقَانِۚ فَمَنۡ شَهِدَ مِنۡكُمُ الشَّهۡرَ فَلۡيَـصُمۡهُ ؕ وَمَنۡ کَانَ مَرِيۡضًا اَوۡ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنۡ اَيَّامٍ اُخَرَؕ يُرِيۡدُ اللّٰهُ بِکُمُ الۡيُسۡرَ وَلَا يُرِيۡدُ بِکُمُ الۡعُسۡرَ وَلِتُکۡمِلُوا الۡعِدَّةَ وَلِتُکَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰٮكُمۡ وَلَعَلَّکُمۡ تَشۡكُرُوۡنَ

“……..Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.” (QS Al Baqarah : 185)

Baca juga: Takut Kepada Makhluk Ghaib? Hati-hati Terjerumus Syirik

Dalam hadis pun, Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam telah mengingatkan tentang hal itu. Hadis yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda “Sesungguhnya agama (islam) itu mudah, dan tidak ada satu orangpun yang mempersulitnya kecuali ia akan dibuat tak berdaya”. (HR Bukhari)

Dalam hadis lain, Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam menegaskan, “Apabila aku perintahkan kepada kalian untuk mengerjakan suatu perkara , maka laksanakanlah itu semampu kalian” (HR Bukhari-Muslim).

Baca juga: Memakmurkan Masjid dan Balasan Pahala yang Mengamalkannya

[ad_2]

Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved