Allah Taala Menugaskan Malaikat dan Jin untuk Dampingi Tiap Orang, Apa Kerja Mereka? – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Allah Taala Menugaskan Malaikat dan Jin untuk Dampingi Tiap Orang, Apa Kerja Mereka?

Published

on

[ad_1]


loading…

Allah Taala menugaskan satu malaikat dan satu jin untuk mendampingi setiap orang. Dalam Shahih Muslim dari Ibnu Mas’ud bahwa Rasulullah SAW bersabda:“Tidak seorang pun dari kalian, kecuali ditunjuk untuknya satu pendamping dari golongan jin dan satu pendamping dari golongan malaikat.”

Mereka bertanya, “Demikian juga untukmu wahai Rasulullah?”

Beliau menjawab, “Ya, juga untukku. Akan tetapi, Allah menolongku untuk mengalahkannya hingga ia masuk Islam dan tidak menyuruhku selain kebaikan.” (HR Muslim)

Baca juga: Kisah Isra Miraj, Dada Rasulullah Dibelah Oleh Malaikat Jibril

Prof Dr Umar Sulaiman al-Asyqar dalam bukunya berjudul “Rahasia Alam Malaikat, Jin, dan Setan” menjelaskan bisa jadi bahwa pendamping dari golongan malaikat ini bukan malaikat yang diperintah untuk mencatat amal beliau. Allah menunjuknya untuk memberi petunjuk dan membimbing beliau.

Pendamping manusia dari golongan malaikat dan golongan jin ini memperebutkan manusia. Yang satu menyuruh dan mendorong manusia untuk berbuat kebaikan dan yang lain justru menyuruh dan mendorongnya untuk berbuat keburukan.

Ibnu Mas’ud meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya, setan itu membawa tujuan bagi manusia dan malaikat juga memiliki tujuan bagi manusia. Hiburan setan adalah mengembalikan pada keburukan dan mendustakan kebenaran. Adapun tujuan malaikat adalah mengembalikan pada kebenaran dan membenarkan kebaikan.

Siapa yang menemukan sedikit dari hal itu maka hendaklah ia tahu bahwa itu berasal dari Allah dan hendaklah ia memuji Allah. Siapa yang menemukan yang lain maka hendaklah ia berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk.” Selanjutnya, beliau membaca ayat,

اَلشَّيْطٰنُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاۤءِ ۚ وَاللّٰهُ يَعِدُكُمْ مَّغْفِرَةً مِّنْهُ وَفَضْلًا ۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ ۖ

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Allah #Taala #Menugaskan #Malaikat #dan #Jin #untuk #Dampingi #Tiap #Orang #Apa #Kerja #Mereka

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved