Ada Makam 40 Sahabat Rasulullah SAW di Rusia, Jasadnya Utuh Beraroma Harum Mawar – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Ada Makam 40 Sahabat Rasulullah SAW di Rusia, Jasadnya Utuh Beraroma Harum Mawar

Published

on

[ad_1]


loading…

Muslim Dagestani , Rusia, meyakini Islam telah masuk ke negerinya pada era Khalifah Umar bin Khattab . Makam 40 Sahabat Rasulullah atau Kyrkhlyar adalah salah satu buktinya. Makam ini diyakini sudah ada sejak tahun 642-643 M.Baca juga: Politisi Rusia Tolak Usulan Khabib Nurmagomedov Jadi Pahlawan Rusia

Sahabat Nabi atau aṣḥāb al-nabī adalah orang-orang yang mengenal dan melihat langsung Nabi Muhammad SAW , membantu perjuangannya dan meninggal dalam keadaan Muslim. Jumlah mereka amatlah banyak.

Jika merujuk pada jumlah sahabat Nabi yang tercatat dalam berbagai buku biografi karangan ulama yang membahas mereka, seperti kitab Thabaqat Al-Kabir karya Ibnu Sa’ad, kitab Al-Isti’ab karya Ibnu Abdil Barr dan Mu’jam as-Shahabah karya Ibnu Qani’, maka terdapat sekitar 2700-an sahabat laki laki dan 380-an sahabat perempuan.

Sedangkan Imam Al-Qasthalani dalam kitab Al-Mawahib menyatakan bahwa jumlah sahabat Nabi ketika peristiwa Fathu Makkah adalah sekitar 7.000 orang, lalu dalam peristiwa Perang Tabuk bertambah menjadi 70.000, dan terakhir pada peristiwa Haji Wada’ jumlahnya mencapai sekitar 124.000 orang.

Nah, pada suatu hari, tepatnya pada tahun 640 M, Khalifah Umar bin Khattab memerintahkan Komandan Suraqah bin Amr untuk pergi ke Bab al-Abwab (Derbent).

Mengikuti perintah sang khalifah, detasemen Abd ar-Rahman bin Rabiah, yang merupakan bagian dari unit Suraqah bin Amr, mendekati Derbent pada tahun 642-643.

Di Derbent, pasukan Arab menghadapi orang-orang Khazar yang merebut Derbent pada tahun 630-an. Orang-orang Khazar adalah bangsa nomaden, sekutu penting Kekaisaran Byzantium dalam menghadapi Kekaisaran Sassania, kekaisaran Persia pra-Islam terakhir.

Kala itu pasukan Khazar memiliki lebih dari 30 ribu tentara, sementara pasukan Muslim hanya berjumlah 4000 tentara dengan 40 sahabat nabi atau Ashab memimpin di baris depan.

Menurut sejarawan Persia seperti ath-Thabari, kedua belah pihak dalam pertempuran menggunakan ketapel satu sama lain. Pertempuran itu berlangsung selama enam hari dan menewaskan 20 ribu kafir Khazar dan 40 orang prajurit Muslim.

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Ada #Makam #Sahabat #Rasulullah #Rusia #Jasadnya #Utuh #Beraroma #Harum #Mawar

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved