9 Nama Julukan Ramadhan yang Tidak Dimiliki Bulan Lain – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

9 Nama Julukan Ramadhan yang Tidak Dimiliki Bulan Lain

Published

on




loading…

Banyaknya nama atau julukan menunjukkan sesuatu itu mulia dan agung. Sedikitnya ada 9 (sembilan) nama julukan Ramadhan yang tidak dimiliki bulan lain.Untuk diketahui, Ramadhan adalah bulan ke-9 dari 12 bulan dalam kalender Hijriyah. Rasulullah shallallahi ‘alaihi wassallam (SAW) ketika menjelang bulan Suci Ramadhan, Beliau memberi sambutan yang agung:

Wahai segenap manusia, telah datang kepada kalian bulan yang agung penuh berkah bulan yang di dalamnya terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Allah menjadikan puasa di siang harinya sebagai kewajiban, dan qiyam di malam harinya sebagai sunnah. Barangsiapa menunaikan ibadah yang difardukan, maka pekerjaan itu setara dengan orang mengerjakan 70 kewajiban.”

Ramadhan merupakan bulan kesabaran dan balasan kesabaran adalah surga. Ramadhan merupakan bulan santunan, bulan yang dimana Allah melapangkan rezeki setiap hamba-Nya. Barangsiapa yang memberikan hidangan berbuka puasa bagi orang yang berpuasa, maka akan diampuni dosanya, dan dibebaskan dari belenggu neraka, serta mendapatkan pahala setimpal dengan orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang berpuasa tersebut.” (HR Khuzaimah)

Baca Juga: Fadhilah Puasa Ramadhan yang Wajib Diketahui Seorang Muslim

Berikut 9 julukan yang menjadi Keistimewaan Ramadhan:

1. Sayyidusy-Syuhur (Penghulu Semua bulan)
Ramadhan dijuluki sebagai rajanya semua bulan. Dalam satu Hadis diterangkan: “Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, penghulu segala bulan. Maka selamat datanglah kepadanya. Telah datang bulan shaum membawa segala rupa keberkahan. Maka alangkah mulianya tamu yang datang itu.” (HR Ath-Thabrani)

2. Syahrun Azhim (Bulan yang Agung)
‘Azhim adalah nama dan sifat Allah Ta’ala. Namun juga digunakan untuk menunjukkan kekaguman terhadap kebesaran dan kemuliaan sesuatu. Sesuatu yang diagungkan Nabi tentulah memiliki nilai yang jauh lebih besar dan sangat mulia dengan sesuatu yang diagungkan oleh manusia biasa.

Alasan mengagungkan bulan Ramadhan karena Allah juga mengagungkan bulan ini. Pada bulan inilah Allah mewajibkan puasa sebagai salah satu dari lima rukun Islam. Allah mensucikan bulan ini kemudian memberikan segala kemurahan, kasih sayang, dan kemudahan bagi hamba-hamba yang ingin mendekatkan diri kepada-Nya.

3. Syahrul Mubarak (Bulan Penuh Berkah)
Bulan ini penuh berkah, penuh faedah untuk manusia. Semua waktu di bulan suci ini bagaikan rangkaian berlian yang sangat berharga bagi orang beriman.

Keberkahan Ramadhan oleh Nabi membagi 3 periode, yaitu 10 malam periode pertama penuh rahmat Allah, 10 berikutnya diisi dengan ampunan (maghfirah), sedangkan di 10 malam terakhir merupakan pembebas manusia dari api neraka.



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Nama #Julukan #Ramadhan #yang #Tidak #Dimiliki #Bulan #Lain

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved