6 Tanda Kebesaran Allah yang Wajib Disyukuri, Nomor 2 Sering Diabaikan – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

6 Tanda Kebesaran Allah yang Wajib Disyukuri, Nomor 2 Sering Diabaikan

Published

on

[ad_1]


loading…

Penciptaan alam semesta berikut isinya perlu direnungkan kaum muslimin agar menambah keimanan kita kepada Allah ‘Azza wa Jalla. Ada 6 (enam) tanda kebesaran Allah yang wajib kita syukuri. Enam tanda kebesaran Allah itu diuraikan dalam enam ayat Surat Ar-Rum. Untuk diketahui, Surat Ar Rum terdiri atas 60 ayat termasuk golongan surat-surat Makkiyah. Dinamakan Ar-Rum karena pada permulaan surat ini, yaitu ayat 2, 3 dan 4 terdapat pemberitaan bangsa Rum (Rumawi) yang dikalahkan oleh bangsa Persia. Ini menjadi isyarat bahwa kaum muslimin yang demikian lemahnya di waktu itu akan menang. Isyarat ini terbukti pertama kali pada perang Badar.

Baca Juga: Pandangan Al-Qur’an dan Sains Tentang Penciptaan Manusia

Bagi muslim di Tanah Air, Surat Ar-Rum sangat populer karena ayat ke-21 sering dibaca saat akad nikah. Ayat ke-21 ini berisi firman Allah yang artinya: “Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang.”

Menarik untuk diketahui, ayat yang menerangkan enam tanda kebesaran Allah dalam Surat Ar-Rum itu diawali dengan kalimat وَمِنۡ ءَايَٰتِهِ (wa Min Aayatihi). Berikut 6 tanda kebesaran Allah sebagaimana diabadikan dalam Surat Ar-Rum Ayat 20-25:

1. Menciptakan Manusia Hingga Berkembang Biak

وَمِنۡ اٰيٰتِهٖۤ اَنۡ خَلَقَكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ اِذَاۤ اَنۡتُمۡ بَشَرٌ تَنۡتَشِرُوۡنَ

Artinya: “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan kamu dari tanah, kemudian tiba-tiba kamu (menjadi) manusia yang berkembang biak.” (QS Ar-Rum ayat 20)

2. Menciptakan Manusia Berpasangan

وَمِنۡ اٰيٰتِهٖۤ اَنۡ خَلَقَ لَكُمۡ مِّنۡ اَنۡفُسِكُمۡ اَزۡوَاجًا لِّتَسۡكُنُوۡۤا اِلَيۡهَا وَجَعَلَ بَيۡنَكُمۡ مَّوَدَّةً وَّرَحۡمَةً  ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰ لِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوۡمٍ يَّتَفَكَّرُوۡنَ

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Tanda #Kebesaran #Allah #yang #Wajib #Disyukuri #Nomor #Sering #Diabaikan

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved