6 Perkara yang Hukumnya Makruh Saat berpuasa – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

6 Perkara yang Hukumnya Makruh Saat berpuasa

Published

on




loading…

Dalam kegiatan sehari-hari ada perkara-perkara yang dihukumi makruh , termasuk dalam kegiatan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini. Makruh sendiri adalah perbuatan yang bila dilakukan tidak menimbulkan dosa atau batalnya suatu ibadah, namun mengurangi nilai dari ibadah itu sendiri. Jadi, hal-hal yang bersifat makruh sebaiknya dihindari agar suatu ibadah yang kita jalani dapat lebih sempurna. Lantas hal apa saja yang perkaranya dihukumi makruh selama berpuasa ini?Dari Sahabat Abu Hurairah, Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

ูƒูŽู…ู’ ู…ูู†ู’ ุตูŽุงุฆูู…ู ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุตููŠูŽุงู…ูู‡ู ุฅูู„ูŽู‘ุง ุงู„ู’ุฌููˆุนูุŒ ูˆูŽูƒูŽู…ู’ ู…ูู†ู’ ู‚ูŽุงุฆูู…ู ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ู‚ููŠูŽุงู…ูู‡ู ุฅูู„ูŽู‘ุง ุงู„ุณูŽู‘ู‡ูŽุฑู

โ€œBetapa banyak banyak orang yang berpuasa, namun tidak ada yang ia dapatkan kecuali hanya rasa lapar, dan betapa banyak orang yang melakukan ibadah malam harinya tidak mendapatkan apa-apa kecuali hanya begadangโ€ (HR. Ahmad).

Baca juga: Hindari Hal-hal yang Makruh Dalam Berpuasa

Dinukil dari buku kitab โ€œAsh-Shiyaam, Ahkaam wa Aa-daabโ€ atau yang diterjemahkan ‘Meraih Puasa Sempurna’, karya Dr. โ€˜Abdullah bin Muhammad bin Ahmad ath-Thayyar, berikut hal-hal makruh dalam berpuasa yang sebaiknya kita hindari, yakni:

1. Berlebih-lebihan dalam berkumur dan beristinsyaq (memasukkan air ke dalam hidung, lalu menghirupnya dengan sekali nafas sampai ke dalam hidung yang paling ujung) ketika berwudhuโ€™.

Hal itu didasarkan pada sabda Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam kepada Laqith bin Shabrah:

ูˆูŽุจูŽุงู„ูุบู’ ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุถู’ู…ูŽุถูŽุฉู ูˆูŽุงู’ู„ุฅูุณู’ุชูู†ู’ุดูŽุงู‚ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุฃูŽู†ู’ ุชูŽูƒููˆู’ู†ูŽ ุตูŽุงุฆูู…ู‹ุง

โ€œBersungguh-sungguhlah dalam berkumur dan dalam meng-hirup air ke hidung, kecuali jika engkau sedang berpuasa.โ€(HR at Tirmidzi, Abu Dawud, Ahmad dan lainnya)

Dan jika ada air kumur atau istinsyaq yang masuk ke dalam perutnya secara sengaja, maka menurut ijmaโ€™ puasanya batal, dan dia harus mengqadhaโ€™nya. Tetapi jika masuknya air tanpa disengaja, maka terdapat dua pendapat dari para ulama.

2. Tidur sepanjang hari

Jika dalam tidur sepanjang hari, seseorang bisa lalai tidak melaksanakan shalat fardhu ataupun membuat puasanya menjadi tidak sempurna, maka jelas tidur tersebut tidak hanya makruh tetapi juga haram karena menyebabkan dosa.

Apabila memang sangat mengantuk, sebaiknya manfaatkanlah waktu tidur di siang hari menurut Islam disebut tidur qailulah. Dengan catatan, di waktu tersebut kita tidak sedang bekerja atau mengemban amanah apapun yang memang sifatnya lebih diutamakan untuk dikerjakan.

3. Mencicipi makanan

Biasanya hal ini dilakukan oleh kaum perempuan terutama ibu rumah tangga seusai memasak guna memastikan apakah rasa masakannya sudah pas atau belum. Ketahuilah hukum mencicipi makanan saat puasa sebelum Anda mempraktekkannya. Sebab dikhawatirkan makanan tersebut justru tertelan dan berpotensi membatalkan puasa.
Akan lebih baik bila yang mencicipi makanan tersebut adalah anggota keluarga yang tidak wajib berpuasa.

4. Mencium

Dimakruhkan untuk mencium bagi orang yang sedang berpuasa, karena ciuman terkadang dapat membangkitkan nafsu syahwat yang dapat merusak puasanya, baik dalam bentuk keluarnya sperma maupun dengan hubungan badan. Tidak ada perbedaan dalam hal itu, baik antara anak muda maupun orang tua. Jadi, yang dihindari adalah gejolak syahwat dan keluarnya sperma.

Demikian juga dengan peluk cium, sentuhan tangan dan lain-lain yang dapat membangkitkan gejolak nafsu. Memandang secara terus-menerus kepada isteri atau budak perempuan jika hal tersebut dapat membangkitkan nafsu syahwat, karena hal itu terkadang dapat menyebabkan puasanya rusak. Berfikir dan membayangkan masalah hubungan badan (jimaโ€™), karena hal itu bisa mendorong dirinya untuk berfikir mengarah kepada pengeluaran sperma atau muncul keberanian untuk melakukan hubungan badan. Dan ini jelas dapat merusak puasanya dan menceburkan dirinya ke dalam dosa.

5. Wishal



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Perkara #yang #Hukumnya #Makruh #Saat #berpuasa

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved