5 Obat Hati, Salah Satunya Berkumpul dengan Orang-orang Saleh – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

5 Obat Hati, Salah Satunya Berkumpul dengan Orang-orang Saleh

Published

on



loading…

5 Obat Hati, Salah Satunya Berkumpul dengan Orang-orang Saleh

Perkara hati adalah urusan penting yang wajib dijaga dengan baik oleh setiap muslim. Dalam satu Hadis diterangkan bahwa apabila hati seorang baik maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad.

Tak dipungkiri, banyak di antara manusia yang secara zahir kelihatan bahagia, namun hatinya sebenarnya sedang ‘sakit’. Ia sering merasa tertekan dengan kehidupan, gundah gulana, bahkan diselimuti stres. Jika demikian, maka masalannya ada di hati.

Bagi yang ingin mengobati hatinya, setidaknnya ada lima amalan yang dapat dilakukan. Berikut kalam Syekh Abu Ishaq Ibrahim bin Ahmad Ismail Al-Khawwash (wafat 291 H), Beliau berkata: “Obat hati ada lima perkara, yaitu:
1. Membaca Al-Qur’an dengan tadabbur (merenungkan isi dan maknanya).
2. Sering mengosongkan perut (berpuasa atau mengurangi makan).
3. Bangun malam untuk beribadah.
4. Tadharru’ (berdoa merendahkan diri) di waktu sahur.
5. Berkumpul dengan orang-orang sholeh.

Salah satu obat hati yang paling mujarab adalah berkumpul dengan orang-orang saleh atau membaca kisah-kisah orang saleh. Bahkan Imam Junaid Al-Baghdadi berkata: membaca Hikayat (kisah orang-orang sholeh) dan para auliya-Nya sangat membantu mengobati hati.

Allah berfirman:

وَكُلًّا نَّقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ أَنۢبَآءِ ٱلرُّ‌سُلِ مَا نُثَبِّتُ بِهِۦ فُؤَادَكَ

Dan tiap-tiap berita dari berita Rasul-rasul itu, kami ceritakan kepadamu (wahai Muhammad), untuk menguatkan hatimu dengannya.” (Surah Hud: 120)

Imam Abu Hanifah berkata: Hikayat-hikayat mengenai para ulama dan kebaikan mereka, lebih aku sukai daripada banyaknya ilmu fiqih. Karena hikayat-hikayat ini memuat adab-adab dan akhlak mereka.



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved