5 Nama Hewan yang Diabadikan Menjadi Nama Surat Dalam Al Quran – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

5 Nama Hewan yang Diabadikan Menjadi Nama Surat Dalam Al Quran

Published

on



loading…

Penamaan surat yang ada dalam Al-Qur’an menggambarkan isi atau kandungan ayat di dalamnya. Salah satunya dinamai dengan nama-nama hewan, karena isi atau kandungan ayat di dalamnya ada kisah yang melibatkan hewan.

Jumhur atau mayoritas ulama bersepakat, penamaan surah-surah Al-Qur’an adalah berasal dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, meskipun ada beberapa yang berpendapat bahwa hal itu merupakan hasil ijtihad para sahabat.

Baca juga: Keajaiban Membaca Doa Iftitah yang Belum Banyak Diketahui

Nama-nama surat, sedikit banyak akan menggambarkan isi sebuah surah Al-Qur’an. Fungsinya seperti kata kunci, meskipun nanti memang banyak sekali ayat yang secara tampak tidak mengikuti alur kata kunci nama surat-nya. Tentang surat yang dinamai nama-nama hewan ini, setidaknya ada lima surat dalam Al-Qur’an yang dinamai nama hewan, yakni :

1. Surah Al-Baqarah

Al Baqarah yang bermakna ‘sapi betina’. Diberi nama demikian karena di dalamnya berisi sebuah kisah tentang Bani Israil yang terus-terusan bertanya soal sapi yang ingin disembeloh kepada Nabi Musa alaihissalam.

Baca juga: Iklim Semakin Ekstrim, Ini 3 Cara Menjaga Kesehatan Dalam Syariat

Surah ini terdiri dari 286 ayat dan terhimpun dari juz 1 hingga sebagian juz 3. Surah ini termasuk golongan Surat Madaniyah, dan ini jelas terlihat pada jumlah ayatnya yang banyak, sebagaimana ciri Surat Madaniyah lazimnya l.

2. Surah An-Nahl



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved