4 Manfaat Puasa Daud Bagi Muslimah, Nomor Terakhir Terhindar dari Dosa Ghibah – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

4 Manfaat Puasa Daud Bagi Muslimah, Nomor Terakhir Terhindar dari Dosa Ghibah

Published

on

4 Manfaat Puasa Daud Bagi Muslimah, Nomor Terakhir Terhindar dari Dosa Ghibah

[ad_1]


loading…

Salah satu puasa sunnah yang banyak sekali manfaatnya adalah puasa Daud , tak terkecuali bagi kalangan muslimah. Selain mendapatkan pahala, puasa Daud juga bermanfaat bagi kesehatan, spriritualitas dan juga sosial. Manfaat-manfaat puasa Daud ini, justru sangat optimal bila diamalkan kaum muslimah.Kenapa demikian? Karena seorang wanita muslimah memiliki karakteristik yang khas dan secara fitrah memiliki dominasi perasaan yang lebih dibanding dengan laki-laki. Karakternya didominasi oleh sifat konsumtif, peka terhadap orang lain, cenderung perasa, dan lembut.

Bagi wanita, menahan diri dari hawa nafsu atau emosi berlebihan bisa menggunakan salah satunya dengan berpuasa ini. Berpuasa bisa menahan hawa nafsu dan juga mengontrol diri adalah hal yang paling tepat, agar potensi negatif dari dominannya perasaan tidak muncul begitu saja.

Baca juga: Puasa Daud, Mendatangkan Rezeki yang Tidak Disangka-sangka

Puasa Daud sendiri adalah puasa dijalankan dengan cara sehari puasa dan sehari. Mengenai puasa Daud dijelaskan dalam hal hadis berikut :

“Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah (yang dinamakan) puasa Daud ‘alaihissalam dan ini adalah puasa yang paling afdhal. Lalu aku (Abdullah bin Amru radhiyalahu ‘anhu} berkata sesungguhnya aku mampu untuk puasa lebih dari itu, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: “Tidak ada puasa yang lebih afdhal dari itu.” (HR. Bukhari)

Untuk menjalankan puasa ini tentunya harus juga mempertimbangkan kesehatan dan kebutuhan asupan gizi seseorang. Tidak diwajibkan dan jika dilakukan tentu akan baik amal ibadahnya. “Tidak ada puasa yang lebih afdhol dari puasa Daud. Puasa Daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa.” (HR. Bukhari dan Muslim)”

Hadis di atas menunjukkan bahwa puasa Daud memiliki keutaaman. Tentunya puasa lainnya juga memiliki keutamaan dan juga manfaat yang besar. Khusus untuk kaum perempuan, dirangkum dari berbagai sumber, inilah manfaat jika puasa Daud jika dijalankan oleh perempuan, di antaranya :

1. Melatih kesabaran dan menjaga emosi

Dengan puasa daud yang selang satu hari satu hari, maka kita terbiasa untuk menjaga emosi dan juga hawa nafsu. Sering kali emosi muncul jika wanita tidak mengkontrol dirinya. Untuk itu, puasa membuat wanita lebih bisa mengkontrol emosi agar tidak berlebihan. Tentu saja hal ini dikarenakan emosi berlebihan bisa berawal dari hawa nafsu kita.

Allah Ta’ala berfirman :

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Manfaat #Puasa #Daud #Bagi #Muslimah #Nomor #Terakhir #Terhindar #dari #Dosa #Ghibah

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved