3 Profesi Pekerjaan Terbaik Menurut Rasulullah SAW – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

3 Profesi Pekerjaan Terbaik Menurut Rasulullah SAW

Published

on

[ad_1]


loading…

Bekerja mencari nafkah adalah sunnatullah dan para Nabi juga melakukan hal serupa. Dalam satu Hadis diriwayatkan Imam Ahmad, siapa yang bersusah-payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah.Pertanyaannya, profesi apakah yang terbaik menurut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam? Jawabannya ada tiga yaitu: (1) Ziroo’ah (2) Shinaa’ah dan (3) Tijaaroh. Ketiga profesi ini dinukil dari Kitab Hasyiyah Al-Bujairimi ‘alaa Al-Khatib berikut:

ูˆูŽุงุนู’ู„ูŽู…ู’ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฃูŽูู’ุถูŽู„ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽูƒูŽุงุณูุจู ุงู„ุฒู‘ูุฑูŽุงุนูŽุฉู ุซูู…ู‘ูŽ ุงู„ุตู‘ูู†ูŽุงุนูŽุฉู ุซูู…ู‘ูŽ ุงู„ุชู‘ูุฌูŽุงุฑูŽุฉู ุญูŽูŠู’ุซู ุฎูŽู„ูŽุชู’ ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุบูุดู‘ู ูˆูŽุงู„ู’ุฎููŠูŽุงู†ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽูŠู’ู…ูŽุงู†ู ุงู„ู’ููŽุงุฌูุฑูŽุฉูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุฅูุญู’ูŠูŽุงุกู: ูŠูŽู†ู’ุจูŽุบููŠ ู„ูู„ุตู‘ูŽุงู†ูุนู ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽุงุฌูุฑู ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽู‚ู’ุตูุฏูŽ ุจูุตูŽู†ู’ุนูŽุชูู‡ู ุฃูŽูˆู’ ุชูุฌูŽุงุฑูŽุชูŽู‡ู ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽ ุจูููŽุฑู’ุถู ู…ูู†ู’ ููุฑููˆุถู ุงู„ู’ูƒูููŽุงูŠูŽุฉู ููŽุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ุตู‘ูู†ูŽุงุนูŽุงุชู ู„ูŽูˆู’ ุชูุฑููƒูŽุชู’ ู„ูŽุจูŽุทูŽู„ูŽุชู’ ุงู„ู’ู…ูŽุนูŽุงูŠูุดู ูˆูŽู‡ูŽู„ูŽูƒูŽุชู’ ุงู„ู’ุฎูŽู„ู’ู‚ูุŒ ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ุฃูŽู‚ู’ุจูŽู„ูŽ ูƒูู„ู‘ูู‡ูู…ู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุตูŽู†ู’ุนูŽุฉู ูˆูŽุงุญูุฏูŽุฉู ุชูŽุนูŽุทู‘ูŽู„ูŽุชู’ ุงู„ู’ุจูŽูˆูŽุงู‚ููŠ ูˆูŽู‡ูŽู„ูŽูƒููˆุงุ› ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ู‡ูŽุฐูŽุง ุญูู…ูู„ูŽ ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู – ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ -: ยซุงุฎู’ุชูู„ูŽุงูู ุฃูู…ู‘ูŽุชููŠ ุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉูŒยป ุฃูŽูŠู’ ุงุฎู’ุชูู„ูŽุงูู ู‡ูู…ูŽู…ูู‡ูู…ู’ ูููŠ ุงู„ุตู‘ูู†ูŽุงุนูŽุงุชู ูˆูŽุงู„ู’ุญูุฑูŽูู
(ุญุงุดูŠุฉ ุงู„ุจุฌูŠุฑู…ูŠ ุนู„ู‰ ุงู„ุฎุทูŠุจ)

โ€Ketahuilah, sebaik-baik pekerjaan adalah:

1. Ziroo’ah (ุงู„ุฒู‘ูุฑูŽุงุนูŽุฉู)
Yaitu pekerjaan bertani, berkebun, dan semacamnya.

2. Shinaa’ah (ุงู„ุตู‘ูู†ูŽุงุนูŽุฉู)
Yaitu pertukangan, keterampilan tangan dan semacamnya. Contoh lain pekerjaan dengan tangan sendiri yaitu bercocok tanam, kerajinan, mengolah kayu, pandai besi, menulis, menjahit, termasuk tukang sol sepatu dan lainnya.

3. Tijaaroh (ุงู„ุชู‘ูุฌูŽุงุฑูŽุฉู)
Yaitu berdagang atau berniaga.

Ketiga pekerjaan ini sangat utama sekiranya tidak terdapat kecurangan, penipuan, dan sumpah dusta.

Hujjatul Islam Imam Abu Hamid Al-Ghazali rahimahullah dalam Ihya’ ‘Ulumiddin berkata: “Hendaknya bagi seseorang yang berprofesi sebagai tukang dan pedagang, dengan pekerjaannya ia niatkan untuk melaksanakan fardlu kifayah. Karena jika macam-macam pekerjaan itu ditinggalkan, hilanglah penghidupan di muka bumi dan musnahlah semua makhluk.

Dan jika semua orang bekerja dalam satu bidang pekerjaan saja, maka pekerjaan yang lain akan terbengkalai, dan rusaklah kehidupan di muka bumi.

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Profesi #Pekerjaan #Terbaik #Menurut #Rasulullah

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved