3 Jenis Cinta yang Dilarang dalam Syariat, Nomor 1 Ancamannya Neraka Jahanam yang Abadi – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

3 Jenis Cinta yang Dilarang dalam Syariat, Nomor 1 Ancamannya Neraka Jahanam yang Abadi

Published

on

3 Jenis Cinta yang Dilarang dalam Syariat, Nomor 1 Ancamannya Neraka Jahanam yang Abadi

[ad_1]


loading…

Ada banyak ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menerangkan perihal cinta , akan tetapi ada beberapa jenis cinta yang ternyata justru dilarang dan harus dihindari. Kenapa demikian? Dan cinta jenis apakah itu? Dalam pandangan Islam, cinta adalah limpahan kasih sayang Allah kepada seluruh makhluknya sehingga Allah menciptakan manusia dan isinya dengan segala kesempurnaan. Adapun cinta yang sebenarnya atau cinta yang hakiki adalah hanya milik Allah SWT karena hanya Allah lah yang maha sempurna dan maha pemilik cinta.

Baca juga: Ayat-ayat Al Qur’an Tentang Cinta dan Jodoh, Bisa Diamalkan sebagai Doa

Namun demikian, ada beberapa jenis ‘cinta’ yang ternyata akan menjerumuskan atau menyeret manusia kepada azab dan neraka . Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis cinta yang harus dihindari tersebut:

1.Mahabbah Syirkiyyah

Jenis ini adalah cinta yang mengandung kesyirikan. Cinta ini menandingi cinta kepada Allah. Si pecinta menuhankan cintanya kepada selain Allah.

Allah Ta’ala berfirman,

[arabOPen]وَمِنَ النَّاسِ مَنۡ يَّتَّخِذُ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ اَنۡدَادًا يُّحِبُّوۡنَهُمۡ كَحُبِّ اللّٰهِؕ وَالَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡٓا اَشَدُّ حُبًّا لِّلّٰهِ ؕ وَلَوۡ يَرَى الَّذِيۡنَ ظَلَمُوۡٓا اِذۡ يَرَوۡنَ الۡعَذَابَۙ اَنَّ الۡقُوَّةَ لِلّٰهِ جَمِيۡعًا ۙ وَّاَنَّ اللّٰهَ شَدِيۡدُ الۡعَذَابِ‏

“Dan di antara manusia ada yang menjadikan tandingan-tandingan selain Allah, mereka mencintainya sebagaimana mencintai Allah. Dan orang-orang yang beriman sangat besar kecintaannya kepada Allah,” (QS. Al Baqarah : 165).

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Barang siapa mencintai makhluk seperti kecintaannya kepada al-Khaliq (Yang Maha Pencipta, yaitu Allah), dia telah melakukan perbuatan syirik. Sungguh, dia telah menjadikan selain Allah sebagai tandingan, dan mencintainya sebagaimana dia mencintai Allah.” (Majmu’ al-Fatawa 10/265)

Ancaman bagi pecinta jenis ini bukan lain adalah neraka jahannam yang kekal abadi. Allah subhanahu wa taâ’ala berfirman tentang perbuatan syirik,

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Jenis #Cinta #yang #Dilarang #dalam #Syariat #Nomor #Ancamannya #Neraka #Jahanam #yang #Abadi

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved