3 Hal yang Membinasakan Manusia, Di antaranya Mengagumi Diri… – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

3 Hal yang Membinasakan Manusia, Di antaranya Mengagumi Diri…

Published

on



loading…

Islam sangat perhatian dengan masalah akhlak dan menjadikannya sebagai pondasi yang sangat penting. Salah satu yang menyebabkan turunnya rahmat Allah dan diampuni dosa-dosa seseorang adalah akhlak yang terpuji.

Rasulullah صلى الله عليه وسلم sendiri pernah mengatakan: “Sesungguhnya Aku diutus untuk menyempurnakan akhlak mulia. ” Di antara akhlak dasar seorang muslim adalah tawadhu’, rendah hati, suka memberi, menghormati orang lain, pemalu, pemaaf dan lain sebagainya.

Baca Juga: Inilah Perkara-perkara yang Membinasakan Manusia

Penting menjadi orang saleh, orang hebat, orang baik. Tetapi jika merasa paling saleh, paling hebat, dan baik, adalah akhlaknya iblis. Na’udzbillahi min dzalik.

Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda:

ثَلَاثٌ مُهْلِكَاتٌ شُحٌّ مُطَاعٌ وَهَوًى مُتَّبَعٌ وَإِعْجَابُ الْمَرْءِ بِنَفْسِهِ

“Ada tiga perkara yang membinasakan manusia: (1) Sifat kikir yang dituruti, (2) Hawa nafsu yang ditaati, dan (3) Ujubnya seseorang terhadap dirinya sendiri.” (HR Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman No. 731, Al Qudha’i dalam Musnad Asy Syihab No 325)

Salah satu hal yang membinasakan manusia adalah Ujub. Ujub artinya kagum dan merasa hebat dari orang lain. Al-Jurjaani mengatakan ‘Ujub adalah seseorang menempatkan dirinya melebihi haknya.

Ujub sangat dekat kepada riya dan sombong. Ujub juga dapat menyebabkan seseorang terputus dari rahmat Allah kecuali ia bertobat.



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved