2 Jenis Terapi Penyakit Hasad, Nomor Terakhir Bisa Menjadi Penyempurna Iman – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

2 Jenis Terapi Penyakit Hasad, Nomor Terakhir Bisa Menjadi Penyempurna Iman

Published

on

2 Jenis Terapi Penyakit Hasad, Nomor Terakhir Bisa Menjadi Penyempurna Iman

[ad_1]


loading…

Terapi penyakit hasad merupakan salah satu ikhtiar agar bisa melepaskan diri dari penyakit hati yang berbahaya tersebut. Hasad sendiri, adalah penyakit rohani yang bisa menimpa siapaun. Tidak ada satu orangpun yang mungkin bisa lepas dari penyakit ini, karena itu kita sebagai muslim harus berusaha untuk bisa menyembuhkan diri kita dari penyakit berbahaya tersebut.Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary dalam salah satu kajiannya yang membahas ‘Kitab Aktualisasi Akhlak Muslim’ di kanal Muslim Rodja menjelaskan, jenis penyakit hasad ini bertingkat-tingkat. Ada hasad yang sekadar membenci nikmat yang diberikan kepada saudara kita, dan ini mungkin adalah hasad yang ringan dan rendah.

Baca juga: 6 Bahaya Penyakit Hasad, Nomor 5 Bikin Galau

“Tingkatan yang lebih berbahaya dari itu adalah hasad yang diiringi harapan agar nikmat itu hilang dari saudaranya. Dan yang lebih buruk dari itu adalah dia melampiaskan hasadnya dengan kata-kata. Misalnya dia menggibahi, menfitnah dan membuat dusta atas orang yang dihasadinya. Sedangkan yang lebih buruk dari itu adalah dia melaksanakan hasadnya itu dengan tindakan. Misalnya dia berusaha mencelakai atau bahkan membuhun orang yang dihasadinya,’ungkap dai yang rutin membahas parenting Islami ini.

Ustadz Abu Ihsan mengingatkan, sebelum hasad berkembang di dalam hati ada baiknya kita terapi. Berusaha membersihkan hati kita dari penyakit hasad. Muslim yang jiwanya lurus, tentu menyadari bahwa hasad harus segera disembuhkan, karena efeknya sangat mematikan dan berbahaya.

Ada beberapa terapi yang disampaikannya, di antaranya terapi penyakit hasad tersebut sebagai berikut:

1. Menggugah Kesadaran

Kita harus menyadari dan meyakini bahwa hasad adalah penyakit yang harus kita sembuhkan. Hasad adalah penyakit yang bisa mencelakakan dan mematikan dirinya sendiri dan bukan mencelakakan orang lain. Walaupun dalam benaknya dia ingin mencelakakan orang yang dia hasadinya.

Tanpa kesadaran ini, orang yang menderita penyakit hasad justru akan memelihara dan memupuknya hingga kian lama kian subur hasad itu bersemi didalam hatinya. Dengan kesadaran ini, akan timbul semangat menyembuhkan penyakit tersebut dari dirinya. Kesadaran ini akan timbul dengan ilmu yang bermanfaat.

2. Menuntut Ilmu

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Jenis #Terapi #Penyakit #Hasad #Nomor #Terakhir #Bisa #Menjadi #Penyempurna #Iman

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved