Surat ‘Nasehat’ al-Hasan al-Bashri untuk Khalifah Umar bin Abdul Aziz – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Surat ‘Nasehat’ al-Hasan al-Bashri untuk Khalifah Umar bin Abdul Aziz

Published

on

Surat ‘Nasehat’ al-Hasan al-Bashri untuk Khalifah Umar bin Abdul Aziz



loading…

Kekuasaan dan jabatan , seringkali membuat manusia lupa diri. Sehingga banyak di antaranya yang akhirnya berbuat zalim. Kisah di bawah ini, syarat dengan hikmah tentang bagaimana sosok pemimpin yang bijaksana dan dapat mengemban amanah ‘dunia’ ini dengan sebaik-baiknya dan terbuka pada nasehat orang lain.

Baca juga: Taat Akan Berat Jika Sudah Terbiasa Maksiat

Dinukil dari buku ‘Perjalanan Hidup Khalifah Yang Agung, Umar bin Abdul Aziz, Ulama dan Pemimpin Yang Adil’ karya DR. Ali Muhammad ash-Shalabi, yang diterbitkan Darul Haq, inilah kisah Al Hasan Al Basri yang memberi nasehat kepada Khalifah Umar bin Abdul Aziz.

Umar bin Abdul Aziz sendiri adalah salah seorang khalifah yang shaleh dari Bani Umayyah. Al-Hasan Al Basri menasehati beliau tentang hakikat dunia, karena bisa jadi seseorang yang shaleh pun tergelicir ketika memegang kekuasaan tertinggi dan dia membutuhkan nasihat yang mengingatkannya. Apalagi jabatan yang dipegang oleh Umar adalah jabatan yang sangat besar, karena ia adalah salah satu raja yang memegang wilayah terbesar di dunia. Godaan, ambisi, fitnah dunia, dan keinginan untuk menikmatinya bisa saja muncul kala itu.

Baca juga: Mau Hidup Mulia? Wiridkan Shalawat Pendek Ini

Al-Hasan al-Bashri menulis surat kepada Umar bin Abdul Aziz, isi surat tersebut menjelaskan tentang hakekat dunia. Teks surat tersebut adalah sebagai berikut:



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved