Selamat Datang Syaban 1443 H, Pintu Gerbang Ramadhan 2022 – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Selamat Datang Syaban 1443 H, Pintu Gerbang Ramadhan 2022

Published

on

Selamat Datang Syaban 1443 H, Pintu Gerbang Ramadhan 2022

[ad_1]


loading…

Malam ini insya Allah kita akan memasuki bulan Syaban 1443 Hijriyah bertepatan malam Jumat (3/3/2022). Syaban merupakan pintu gerbang atau muqaddimah bulan suci Ramadhan. Ini menjadi isyarat bagi kita untuk menyiapkan diri menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah yang insya Allah jatuh Hari Ahad, 3 April 2022. Sedangkan kalender yang dikeluarkan Muhammadiyah awal Ramadhan jatuh Sabtu 2 April 2022.

Baca Juga: 5 Keutamaan Bulan Syaban yang Jarang Diketahui Umat Muslim

Syaban menjadi momentum terbaik untuk berbenah dan berdoa sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Dalam satu Hadis disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Rajab adalah bulannya Allah, Sya’ban adalah bulanku dan Ramadhan adalah bulan umatku.”

Dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa Sya’ban merupakan bulan di mana amal saleh setiap hamba diangkat ke langit. Sayangnya, bulan ini sering dilalaikan manusia.

Dari Usamah bin Zaid berkata, saya bertanya, “Wahai Rasulullah, saya tidak melihat engkau puasa di suatu bulan lebih banyak melebihi bulan Syaban.”

Beliau صلى الله عليه وسلم bersabda:

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ، وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ، فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Ini adalah bulan yang sering dilalaikan banyak orang, bulan antara Rajab dan Ramadhan. Ini adalah bulan dimana amal-amal diangkat menuju Rab semesta alam. Dan saya ingin ketika amal saya diangkat, saya dalam keadaan berpuasa.” (HR An-Nasa’i, Ahmad)

Perumpamaan bulan Rajab adalah seperti angin, bulan Syaban seperti awan yang membawa hujan. Dan bulan Ramadhan seperti hujan. Barang siapa yang tidak menanam di bulan Rajab dan tidak menyiraminya di bulan Sya’ban bagaimana mungkin dia memanen hasilnya di bulan Ramadhan. (Lathaiful-Ma’arif Ibnu Rajab Al Hanbali)

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Selamat #Datang #Syaban #Pintu #Gerbang #Ramadhan

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved