Saya Sering Kirim Al Fatihah ke Nabi Idris – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Saya Sering Kirim Al Fatihah ke Nabi Idris

Published

on

Saya Sering Kirim Al Fatihah ke Nabi Idris



loading…

Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin Nursalim) mengaku sering kirim Al Fatihah ke Nabi Idris ‘alaihissalam. Seperti diketahui, Nabi Idris adalah satu dari 25 Rasul Allah yang disebut dalam Al-Qur’an.

Apa sebenarnya alasan Gus Baha sering mengirim Surat Al-Fatihah kepada Nabi Idris, mari kita simak tausiyah beliau berikut.

Baca Juga: Gus Baha: Belum Ada Orang yang Cinta Nabi Seperti Orang Indonesia

Ulama ahli tafsir Qur’an asal Rembang ini menjelaskannya saat kajian bersama santrinya yang disiarkan Channel Santri Gayeng lewat Youtube 9 Juni 2021.

“Untuk diketahui Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam adalah pemimpin para Nabi yang memiliki derajat paling tinggi. Kemudian di bawah (derajat) Nabi Muhammad ada Nabi-nabi yang lain, lalu setelahnya ada Malaikat yang mempunyai keutamaan.

Para Nabi itu ada tingkatannya, misalnya Nabi yang Ulul Azmi tentu derajatnya lebih tinggi ketimbang yang bukan Ulul Azmi. Lalu, Nabi yang tidak punya banyak tugas tentu di bawah (Nabi) yang banyak tugas. Misalnya, Nabi Musa dengan Nabi Idris, tentu lebih keren Nabi Musa. Karena Nabi Musa duelnya dengan Fir’aun. Sementara Nabi Idris ‘cuma’ mondar-mandir main ke surga, sandalnya ditinggal ribet! (heheh…)

Nabi kok begitu, kan gak mungkin Nabi Idris bisa menyaingi Nabi Musa yang sibuk bertarung dan lawannya gak tanggung-tanggung –orang yang mengaku Tuhan–, berat! Andai mereka berdua gojlokan “Idris, kamu ini bisanya cuma ninggalin sandal lalu kamu ingin menyaingiku yang bertarung dengan Fir’aun” (hahaha) Itu kan ribet!

Tetapi Nabi Idris itu keramat. Saya beri tahu, saya sering kirim Al-Fatihah kepada Nabi Idris. Beliau itu lucu. Sebenarnya bisa kita tiru. Saya sendiri tertarik meniru Nabi Idris. Beliau menjadi mulia gara-gara melihat matahari. Matahari yang terkenal itu, lho. Yang tiap pagi muncul dan kamu tinggal tidur (hahaha..).

Kamu tahu matahari kan yang tiap pagi muncul untuk menyinari bumi, tapi kamu malah tinggal tidur. Jadi matahari itu berhak dendam. Gimana sih, sudah aku sinari untuk kamu beraktivitas, kok malah tidur? Makanya tidur pagi tidak berkah itu karena menyinggung matahari.

Singkat cerita, Nabi Idris memang tidak mungkin melebihi keutamaan Nabi Musa ‘alaihissalam. Karena itu tadi, ninggalin sandal di surga, itu masyhur legenda Nabi Idris. Lalu mengakali para Malaikat. Ceritanya, beliau bertemu Malaikat Izrail. “Izrail, bagaimana rasanya mati? Mati itu enak tidak?”



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved