Restorisasi Masjid Sukarno di Rusia Habiskan Rp30 Miliar – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Restorisasi Masjid Sukarno di Rusia Habiskan Rp30 Miliar

Published

on

Restorisasi Masjid Sukarno di Rusia Habiskan Rp30 Miliar




loading…

Ada Masjid Sukarno di Rusia, tepatnya di Sankt Peterburg, kota kedua terbesar di negeri Beruang Merah itu. Masjid ini oleh muslim setempat disebut Санкт-Петербу́ргская мече́ть (atau Sankt Peterburgkaya Mecet) maknanya Blue Mosque atau Masjid Biru. Pada bulan ini, pemerintah kota setempat menyiapkan Rp4,9 miliar untuk merestorisasi masjid tersebut. Asal tahu saja, sejak tahun 2000 restorisasi masjid ini sudah menelan dana hampir Rp30 miliar atau tepatnya 280 juta rubel. Kurs saat ini 1 rubel = 106.92 rupiah.

Baca juga: Sukarno Menemukan Makam Imam Bukhari di Era Uni Soviet?

Russia Beyond melaporkan restorisasi ini kali diperkirakan menelan dana hingga 38,7 juta rubel atau sekitar Rp4,9 miliar berupa perbaikan interior masjid di lantai tiga.

Sedangkan restorisasi sebelumnya adalah untuk kubah, jendela kaca patri, menara, lantai, dan dekorasi dinding. “Selama 19 tahun, pemugaran masjid bersejarah ini telah menghabiskan dana 280 juta rubel atau setara dengan Rp29,9 miliar,” lapor Russia Beyond.

Renovasi yang dilakukan tahun 2000-2015 menyedot 176,5 juta rubel. Duit tersebut berasal dari dana anggaran Kota Sankt Peterburg, yang disediakan untuk perlindungan dan pemulihan situs warisan budaya.

Pada 2016-2018, pekerjaan dilakukan untuk memperbaiki aula dan kubah. Lalu pada 2019, pekerjaan dilakukan untuk merestorasi aula di lantai dua. Nah, kini untuk lantai tiga.

Gudang Senjata
Pada masa berkuasanya rezim Komunis Uni Soviet (1920-an hingga 1991), hampir semua tempat ibadah seluruh agama, baik Kristen Ortodoks Rusia, Kristen Katolik, Islam, Yahudi, Buddha ditutup dan sebagian besar dialihfungsikan. Ada yang menjadi rumah sakit, asrama, penjara, dan lain-lain.

Masjid Biru ditutup pada 1940 dan dialihfungsikan untuk berbagai macam kegunaan, termasuk gudang senjata semasa Perang Dunia II.

Baca juga: Ada Makam 40 Sahabat Rasulullah SAW di Rusia, Jasadnya Utuh Beraroma Harum Mawar



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Restorisasi #Masjid #Sukarno #Rusia #Habiskan #Rp30 #Miliar

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved