Qutub al-Din Aibak, Bekas Budak Penakluk India yang Menjadi Sultan – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Qutub al-Din Aibak, Bekas Budak Penakluk India yang Menjadi Sultan

Published

on

Qutub al-Din Aibak, Bekas Budak Penakluk India yang Menjadi Sultan




loading…

Qutub al-Din Aibak adalah sultan kedua Dinasti Ghuriyah, menggantikan Mu’izz ad-Din Muhammad Ghuri. Dinasti Ghuriyah merupakan kerajaan Islam independen yang berkembang menjadi Kesultanan Delhi dan diperintah oleh dinasti Mamluk.Aibak bergelar Qutbuddin. Aibak adalah bekas budak, juga menantu sultan pertama itu. Aibak menjadi pengganti Ghuri dengan gelar sultan pada 1206 M.

Baca juga: Hina Mahatma Gandhi dan Islam, Pemimpin Hindu India Ditangkap

Berasal dari Turkestan, Aibak dijual sebagai budak saat masih kecil. Dia dibeli oleh seorang Qazi di Nishapur di Persia. Di sanalah ia belajar memanah dan menunggang kuda di antara keterampilan lainnya.

Dia kemudian dijual kepada Muhammad Ghori di Ghazni. Aibak menjadi petugas istal kerajaan. Selama perang Kwarazmian-Ghurid, dia ditangkap oleh pengintai Sultan Shah, setelah kemenangan Ghurid, ia dibebaskan dan sangat disukai oleh Sultan Muhammad Ghori.

Aibak dinikahkan dengan puterinya, dan diangkat menjadi panglima perang. Setelah kemenangan Ghurid dalam Pertempuran Tarain Kedua pada tahun 1192, Muhammad Ghori membuat Aibak bertanggung jawab atas wilayah India.

Selanjutnya Aibak memperluas kekuasaan Ghurid di India utara dengan menaklukkan dan menyerbu beberapa tempat di Chahamana, Gahadavala, Chaulukya, Chandela, dan kerajaan lainnya.

Ketika Muhammad Ghori meninggal pada 1206, Aibak berperang dengan mantan budak lainnya Taj al-Din Yildiz untuk menguasai wilayah Ghurid di barat laut India.

Baca juga: Buku Sekolah di India Mengklaim Terorisme Bagian dari ‘Untaian Islam’

Selama kampanye ini, ia maju sampai ke Ghazni, meskipun ia kemudian mundur dan mendirikan ibu kotanya di Lahore. Dia secara nominal mengakui kedaulatan penerus Muhammad Ghori, Ghiyasuddin Mahmud, yang secara resmi mengakui dia sebagai penguasa India.



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Qutub #alDin #Aibak #Bekas #Budak #Penakluk #India #yang #Menjadi #Sultan

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved