Puasa Daud, Mendatangkan Rezeki yang Tidak Disangka-sangka – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Puasa Daud, Mendatangkan Rezeki yang Tidak Disangka-sangka

Published

on

Puasa Daud, Mendatangkan Rezeki yang Tidak Disangka-sangka



loading…

Puasa Daud merupakan puasa khusus amalannya Nabi Daud AS . Puasa Daud dapat diartikan sebagai puasa sunnah yang dikerjakan dengan cara sehari puasa, kemudian sehari berbuka. Puasa ini merupakan puasa sunnah yang paling utama.

Berdasarkan hukumnya, puasa daud adalah puasa sunah, yang artinya dianjurkan untuk dilaksanakan, dan orang yang mengerjakan akan memperoleh pahala. Namun, jika tidak melaksanakannya, seseorang tidak akan mendapatkan dosa.

Baca juga: Puasa Daud dan Keutamaannya Bagi Perempuan

Puasa daud tidak jauh beda dengan puasa sunah lainnya dalam hal pelaksanaan. Puasa ini diawali dengan niat. Perbedaan dengan puasa wajib adalah, niat puasa sunah seperti puasa daud, boleh dilakukan setelah terbitnya fajar asalkan belum melaksanakan hal-hal yang bisa membatalkan puasa, seperti makan dan minum.

Bacaan niat puasa Daud adalah sebagai berikut.

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma daawuda sunnatal lillahi ta’ala. Artinya, “Saya niat puasa Daud, sunah karena Allah Ta’ala.”

Buku Hebatnya Puasa Daud, karya KH Hendra Zainuddin, menerangkan puasa daud tergolong berat karena dikerjakan secara berkelanjutan terus-menerus dan hanya dibatasi jeda sehari yang menurut peraturan sunnahnya untuk tidak puasa. Jadi sehari berpuasa dan hari berikutnya tidak begitu seterusnya.

Dalam sebuah hadis Rasulullah bersabda, “Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah yang dinamakan Puasa Daud AS. Dan ini adalah puasa yang paling afdhal. Lalu aku (Abdullah bin Amru ra berkata) “Sesungguhnya aku mampu untuk puasa lebih dari itu maka Nabi. “Berkata tidak ada puasa yang lebih afdhal dari itu.” (HR Bukhari)

Baca juga: Ternyata, Puasa Daud Bermanfaat bagi Kesehatan Perempuan



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved