Perempuan yang Disukai Allah, Berikut 7 Kriterianya – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Perempuan yang Disukai Allah, Berikut 7 Kriterianya

Published

on

Perempuan yang Disukai Allah, Berikut 7 Kriterianya



loading…

Perempuan muslimah adalah sekeping surga yang ada di dunia. Islam memuliakan kedudukan wanita yang derajatnya tiga kali di atas laki-laki.

Kaum Hawa ini punya keistimewaan di sisi Allah sehingga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memperlakukan wanita dengan akhlak mulia. Ada tujuh kriteria perempuan yang disukai Allah Ta’ala.

Perempuan yang disukai Allah ini merupakan merupakan cermin perempuan shalihah. Sebagaiman diterangkan dalam Hadis Nabi: “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah perempuan/istri shalihah. ” (HR Muslim dari Abdullah bin Amr)

Berikut 7 Kriteria wanita yang disukai oleh Allah:

1. Wanita yang Menutup Aurat
Perempuan yang menutup aurat adalah bukti ketaatannya kepada Rabbnya. Selain dicintai Allah, mereka yang menutup auratnya dengan ridha akan dimuliakan Allah. Kriteria dalam berpakaian antara lain: “Menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Tidak memakai pakaian untuk menarik perhatian laki-laki yang bukan mahram. Mengenakan pakaian longgar, tidak ketat dan tidak tipis (transparan) sehingga tidak menampakkan lekuk tubuhnya. Tidak memakai wewangian yang menyengat. Tidak memakai pakaian menyerupai pria atau non muslim.”

Firman Allah:

يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِّاَزْوَاجِكَ وَبَنٰتِكَ وَنِسَاۤءِ الْمُؤْمِنِيْنَ يُدْنِيْنَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيْبِهِنَّۗ ذٰلِكَ اَدْنٰىٓ اَنْ يُّعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَۗ وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا

Artinya: “Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59)

2. Wanita yang Menjaga Pandangan dan Memelihara Kemaluannya
Dalam Al-Qur’an Surat An-Nur Ayat 31, Allah mengingatkan perempuan beriman supaya menjaga pandangan dan memelihara kemaluannya. Artinya, tidak memandang hal-hal yang tidak halal bagi mereka, seperti aurat laki-laki ataupun perempuan, terutama antara pusat dan lutut bagi laki-laki dan seluruh tubuh bagi perempuan. Kemudian mereka diperintahkan untuk memelihara kemaluannya (farji) agar tidak jatuh ke lembah perzinaan, atau terlihat oleh orang lain. Wanita yang menjaga pandangan dan kemaluannya adalah wanita yang disukai Allah Ta’ala.

3. Betah Tinggal di Rumah
Perempuan yang betah tinggal di rumah termasuk perempuan yang disukai Allah. Syariat memang tidak melarang perempuan keluar rumah kecuali ada hajat dan keperluan. Hal ini untuk menghindari fitnah dan berbagai godaan di luar rumah. Allah berfirman:



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Perempuan #yang #Disukai #Allah #Berikut #Kriterianya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved