Pada Hari Kiamat Semua Makhluk Mati, Bagaimana dengan Malaikat? – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Pada Hari Kiamat Semua Makhluk Mati, Bagaimana dengan Malaikat?

Published

on

Pada Hari Kiamat Semua Makhluk Mati, Bagaimana dengan Malaikat?




loading…

Malaikat adalah salah satu dari sekian makhluk Allah SWT. Hanya saja, dia diciptakan dengan sejumlah keistimewaan, salah satunya adalah tak pernah melakukan maksiat. Sebagai makhluk, malaikat akan mengalami mati sebagaimana jin dan manusia. Hal ini disebutkan dengan gamblang dalam firman Allah Taala berikut:

وَنُفِخَ فِى الصُّوۡرِ فَصَعِقَ مَنۡ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنۡ فِى الۡاَرۡضِ اِلَّا مَنۡ شَآءَ اللّٰهُ‌ ؕ ثُمَّ نُفِخَ فِيۡهِ اُخۡرٰى فَاِذَا هُمۡ قِيَامٌ يَّنۡظُرُوۡنَ

Dan sangkakala pun ditiup, maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi (sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun (dari kuburnya) menunggu (keputusan Allah). ( QS Az-Zumar : 68)

Baca juga: 4,9 Miliar Malaikat Membawa Jahanam pada Hari Kiamat

Prof Dr Umar Sulaiman al-Asyqar dalam bukunya berjudul “Rahasia Alam Malaikat, Jin, dan Setan” menjelaskan para malaikat tercakup dalam ayat di atas karena mereka adalah para makhluk yang berada di langit.

Dalam menafsirkan ayat ini, Ibnu Katsir mengatakan, “Inilah tiupan kedua, yaitu tiupan kematian. Inilah tiupan yang menandakan kematian seluruh penduduk langit maupun bumi, kecuali siapa yang dikehendaki oleh Allah sebagaimana dijelaskan dengan gamblang dalam hadits tentang sangkakala yang sudah populer.

Selanjutnya, dicabutlah ruh dari mereka yang masih hidup hingga makhluk yang paling akhir mati adalah malaikat maut. Tinggallah sendiri Allah al-Hayyu al-Jayyim yang merupakan awal abadi dan akhir yang kekal. Selanjutnya, Dia bertanya, “Milik siapakah kerajaan hari ini?”

Sebanyak tiga kali. Lantas Dia sendiri menjawab: “Milik Allah Yang Maha Esa dan Maha Mengalahkan.”

Salah satu di antara dalil yang menunjukkan bahwa para malaikat mengalami mati adalah firman Allah SWT: “Tiap-tiap sesuatu pasti binasa, kecuali Allah.” ( QS Al-Qashash : 88)



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Pada #Hari #Kiamat #Semua #Makhluk #Mati #Bagaimana #dengan #Malaikat

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved