Muhammad bin Ali, Arsitek Dinasti Abbasiyah yang Kampanyekan Ahlul Bait – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Muhammad bin Ali, Arsitek Dinasti Abbasiyah yang Kampanyekan Ahlul Bait

Published

on

Muhammad bin Ali, Arsitek Dinasti Abbasiyah yang Kampanyekan Ahlul Bait




loading…

Muhammad bin Ali (62-125 H), nama lengkapnya Muhammad bin Ali bin Abdullah bin Abbas bin Abdul Muthalib. Beliau adalah ayahanda dari Ibrahim Al-Imam, Abul Abbas As-Saffah, dan Abu Jafar Al-Manshur, yang merupakan perintis Bani Abbasiyah . Syaikh Muhammad Al-Khudari dalam bukunya yang berjudul “Ad-Daulah Al-Abbasiyyah” menjelaskan Muhammad bin Ali tercatat sebagai perintis propaganda Bani Abbasiyah pertama kali.

Beliau menetap di wilayah Asy-Syarah dan memulai propagandanya pada tahun 100 H. Beliau berpetualang ke berbagai daerah, serta menggerakkan orang-orang agar meruntuhkan Bani Umayyah untuk memperkuat Bani Abbasiyah.

Ide kekhalifahan Bani Abbasiyah yang dikampanyekan adalah melanjutkan kepemimpinan Rasulullah SAW . Cita-cita ini sempat tercapai ketika Ali bin Abu Thalib naik menggantikan Utsman bin Affan sebagai khalifah. Hanya saja, setelah itu Ahlul Bait tersingkir.

Bani Abbasiyah mengkampanyekan diri hak ahlul bait sebagai pemimpin Islam dan berupaya menggembosi kepemimpinan Bani Umayyah.

Baca juga: Ali bin Abdullah bin Al- Abbas Kakek Para Khalifah Dinasti Abbasiyah Berjuluk As Sajjad

Perjuangan Muhammad bin Ali membutuhkan waktu yang panjang. Sebagai mana sejarah mencatat, sepeninggal Ali bin Abi Thalib, para pendukungnya, belakangan disebut kaum Syiah , berpandangan bahwa al-Hasan bin Ali yang berhak menggantikan kedudukannya sebagai khalifah.

Dia merupakan sosok pemimpin yang agung: Ayahnya Ali bin Abi Thalib dan ibunya adalah Fathimah putri Rasulullah SAW . Hanya saja, Syaikh Muhammad Al-Khudari mengatakan, Al-Hasan bin Ali bin Abi Thalib lebih senang berdamai dengan Muawiyah bin Abi Sufyan .

Menurut dia, dengan syarat-syarat yang diajukannya untuk dirinya dan para pendukungnya, al-Hasan melepaskan haknya sebagai khalifah demi menjaga persatuan dan kesatuan umat Islam, dan ketenangan mereka.

Al-Hasan bin Ali berada di Madinah dan menetap di sana hingga meninggalnya tahun 50 H.



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Muhammad #bin #Ali #Arsitek #Dinasti #Abbasiyah #yang #Kampanyekan #Ahlul #Bait

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved