Merdeka Dari Energi Fosil, Makna Kemerdekaan yang Belum Terwujud – Bagyanews.com
Connect with us

Editorial

Merdeka Dari Energi Fosil, Makna Kemerdekaan yang Belum Terwujud

Published

on

Merdeka Dari Energi Fosil, Makna Kemerdekaan yang Belum Terwujud

[ad_1]

Merdeka Dari Energi Fosil, Makna Kemerdekaan yang Belum [dan Susah] Diwujudkan

BagyaNews.comMerdeka dari energi fosil adalah bentuk kesekian dari model perjuangan melanjutkan buah kemerdekaan dari para leluhur. Tapi kapan ia akan terwujud? Dari data yang muncul hari ini, tampaknya memang susah. Perayaan kemerdekaan setiap tahunnya selalu beriringan dengan suramnya wajah kemerdekaan kita dari energi fosil.

Setiap tahun, bangsa Indonesia mensyukuri hari kemerdekaan. Merdeka dari penjajahan kolonial. Namun, mungkinkan Indonesia merdeka dari energi fosil?

Baca Juga: “Teologi Biru”: Arah Baru Keberagamaan Umat Islam Sesudah Wabah Corona

Saat ini – apalagi dalam situasi pandemi – masyarakat global menyerukan transisi energi dari fosil menuju energi terbarukan yang ramah lingkungan. Kita sama-sama tahu, energi yang kita nikmati tiap hari masih didominasi energi fosil, penggunaan energi fosil, terutama batubara untuk pembangkit listrik, selain mencemari lingkungan juga telah merampas kemerdekaan rakyat atas haknya yang diserobot oleh investor dan penguasa dengan merebut tanah, menggunduli hutan, mencemari air dan udara serta timbulnya konflik horizontal. Itu semua wujud nyata atas dampak buruk keberadaan tambang dan PLTU batubara

Padahal, sejak 2017 Indonesia telah meratifikasi Perjanjian Paris 2015, yang berkomitmen mencegah kenaikan suhu bumi kurang dari 2 derajat celsius dan pada 2030 Indonesia juga berkomitmen mengurangi emisi gas rumah kaca setidaknya 29 persen. Bahkan, dalam waktu dekat, pada 2025, bauran energi terbarukan di Indonesia harus mencapai sedikitnya 23 persen. Ironisnya, saat ini porsi energi terbarukan masih kurang dari 10 persen.

Baca Juga: Bagaimanakah Membuktikan Ajaran Islam yang Ramah Lingkungan?

Data pemerintah sebenarnya juga sudah menyebutkan kalau Indonesia punya potensi energi terbarukan tenaga hidro sebanyak 75.000 megawatt (MW), panas bumi 25.400 MW, tenaga bayu 60.600 MW, bioenergi 32.600 MW, dan tenaga surya 207.800 MW. Belum lagi potensi lainnya, seperti gelombang atau arus laut, bahkan sampah yang bisa diolah menjadi energi listrik.

Lalu pertanyaannya, sebagai negara yang berlimpah sumber energi terbarukan, mungkinkah Indonesia merdeka dan lepas diri dari belenggu fosil, merdeka dari energi fosil, sehingga bebas dari pencemaran dan tak perlu lagi usir-usir rakyatnya sendiri? Jawabanya, ya embuuuh! Eh, mungkin saja sih, wong sekadar kemungkinan toh, lagi pula ini kan urusannya oligarkh dan penguasa bukan urusan saya… Mereka yang bikin aturan, mereka juga toh yang nabrak.

Merdeka!

Baca Juga: Kalau Jelas-Jelas Corona Berkaitan dengan Isu Lingkungan, Sudikah Para Ustadz Menyudahi Ceramah Konspirasinya?

[ad_2]

Sumber Berita harakah.id

#Merdeka #Dari #Energi #Fosil #Makna #Kemerdekaan #yang #Belum #Terwujud

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved