Mengapa Wanita Selalu Disebut Sumber Fitnah bagi Laki-laki? Ini Alasannya – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Mengapa Wanita Selalu Disebut Sumber Fitnah bagi Laki-laki? Ini Alasannya

Published

on

Mengapa Wanita Selalu Disebut Sumber Fitnah bagi Laki-laki? Ini Alasannya




loading…

Mengapa wanita selalu disebut sebagai sumber fitnah terbesar bagi laki-laki? Kenapa demikian? Karena wanita, banyak laki-laki terperdaya, tergoda bahkan menjadi gila. Lihat saja, kaarena seorang istri suami bisa melakukan korupsi, karena wanita seorang suami bisa terpisah dari istri dan anaknya, bahkan karena wanita pula dua orang laki-laki berkelahi hingga tertumpah darahnya.Tentang fitnah wanita telah banyak diriwayatkan dalam berbagai hadis dan salah satunya tercantum dalam hadis berikut: Dari Usamah bin Zaid, Rasulullah bersabda, “Tidaklah aku tinggalkan setelahku fitnah yang lebih dahsyat bagi para lelaki selain fitnah wanita.” (HR. Muttafaqun ‘alaih).

Baca juga: Fitnah Wanita Bersumber dari 5 Perkara Ini, Nomor 3 Malah Paling Digemari

Dahsyatnya fitnah wanita yang dimaksud dalam hadis tersebut adalah ujian atau godaan wanita. Namun, mengapa wanita disebut Rasulullah sebagai ujian dan godaan terberat bagi laki-laki di dunia ini? Ternyata ada banyak alasan dibaliknya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut alasan-alasan mengapa wanita selalu disebut sebagai sumber fitnah bagi laki-laki, yakni:

1. Fitrah dan Tabiiat laki-laki adalah menyukai wanita

Imam Al Mubarakfury menjelaskan tentang hadis Usamah bin Zaid di atas sebagai berikut: wanita menjadi fitnah berbahaya bagi laki-laki karena adanya keumuman sifat atau tabiat laki-laki yang sangat mencintai wanita. Padahal jika seorang sudah menyukai wanita, maka pria tersebut dapat hilang akal dan agamanya. Seorang laki-laki bisa terjatuh pada perkara haram seperti zina, perselingkuhan, dan pemerkosaan hanya karena daya tariknya pada wanita.

Seorang laki-laki juga dapat tergoda pada perkara dunia karena pasangannya. Bahkan terdapat pula peperangan yang terjadi hanya karena wanita. “Maka ujian apalagi yang lebih dahsyat darinya?” kata Al Mubarakfuri.

2. Wanita sangat indah dilihat

Ada beberapa kesenangan hidup di dunia, yakni wanita, anak, dan harta. Ketiganya selalu nampak indah dan penuh pesona di mata pria. Secara fitrah pria menyukai keindahan para wanita, tak mengenal cantik atau tidak.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

[arabOpen}زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوٰتِ مِنَ النِّسَآءِ وَالۡبَـنِيۡنَ وَالۡقَنَاطِيۡرِ الۡمُقَنۡطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالۡفِضَّةِ وَالۡخَـيۡلِ الۡمُسَوَّمَةِ وَالۡاَنۡعَامِ وَالۡحَـرۡثِ‌ؕ ذٰ لِكَ مَتَاعُ الۡحَيٰوةِ الدُّنۡيَا ‌ۚ وَاللّٰهُ عِنۡدَهٗ حُسۡنُ الۡمَاٰبِ{arabClose]



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Mengapa #Wanita #Selalu #Disebut #Sumber #Fitnah #bagi #Lakilaki #Ini #Alasannya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved