Malaikat Maut dalam Kisah Sang Raja dan Si Pakaian Kusut – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Malaikat Maut dalam Kisah Sang Raja dan Si Pakaian Kusut

Published

on

Malaikat Maut dalam Kisah Sang Raja dan Si Pakaian Kusut



loading…

Berikut adalah kisah tentang kehadiran malaikat maut dalam sebuah pesta yang digelar seorang raja. Kisah ini ditulis Imam al-Ghazali dalam kitab al-Masbûk fî Nasîhatil Mulûk.

Baca juga: 6 Sifat Perempuan yang Wajib Dijauhi Menurut Imam Al Ghazali

Dikisahkan, seorang Raja memiliki banyak harta. Ia mengumpulkan berbagai macam harta yang ada di dunia untuk menyenangkan diri dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dibuatlah istana mewah dan megah layaknya tempat tinggal raja. Dipasangkan pintu-pintu gerbang kokoh yang dijaga oleh banyak penjaga.

Suatu ketika, Sang Raja memerintahkan pegawainya untuk membuat pesta makan di istana bersama para menterinya, teman-temannya, dan juga pelayannya. Duduklah ia di atas singgasana dengan lagak sombong sambil berkata:

“Wahai jiwa(nafsu)ku, sungguh Aku telah mengumpulkan semua kenikmatan dunia ini. Sekarang nikmatilah! Harta ini akan dapat memenuhi kebutuhan di dunia ini sepanjang umur.”

Saat pesta tengah berlangsung, di luar istana tampak laki-laki berpakaian kusut, compang-camping, dan di lehernya terkalungkan keranjang rumput. Penampilannya seperti pengemis yang meminta-minta makanan. Ia hendak memasuki gerbang istana dengan wajah menakutkan, sehingga membuat gaduh orang-orang yang sedang berpesta.

Para penjaga pintu istana gentar dan ketakutan dengan kedatangan Si Pakaian Kusut. Mereka pun melompat ke arah pintu sambil berkata kepadanya: “Hai orang lemah, bentuk kerakusan dan ketidaksopanan apa ini? Bersabarlah hingga kami dapat memberimu sisa makanan kami”.

“Sampaikanlah kepada rajamu agar ia segera keluar, karena ada hal penting yang ingin aku sampaikan,” perinah Si Pakaian Kusut dengan ekspresi serius.

Baca juga: Rasa Lapar dan Keutamaannya Menurut Imam Al-Ghazali

“Menyingkirlah wahai laki-laki lemah! Kamu itu siapa sehingga menyuruh raja keluar untuk menemuimu?” jawab penjaga dengan nada meremehkan.



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved