Kisah Rasulullah Marah Saat Orang Yahudi Menanyakan Hal Ini – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Kisah Rasulullah Marah Saat Orang Yahudi Menanyakan Hal Ini

Published

on

Kisah Rasulullah Marah Saat Orang Yahudi Menanyakan Hal Ini



loading…

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah pribadi dengan kesabaran luar biasa. Semua orang mengenal Beliau sosok yang lembut, tidak pernah melaknat apalagi bersikap kasar.

Ada satu peristiwa yang membuat Nabi marah, namun Allah menenangkannya dengan menurunkan wahyu lewat Malaikat Jibril. Kemarahan beliau tidaklah seperti kita. Beliau marah karena sebab sesuatu yang berhubungan dengan kepentingan agama, bukan kepentingan pribadi beliau.

Dikisahkan dalam Sirah Nabawiyah, ketika Rasulullah hijrah ke Madinah, semua orang menyambut hangat beliau termasuk kaum Anshar (penduduk Madinah) dan kaum Yahudi yang bermukim di Madinah. Kedatangan beliau sangat menguntungkan perdagangan kaum Yahudi.

Namun belakangan, orang-orang Yahudi tidak rela melihat kaum Muslimin bertambah sejahtera dan Islam semakin menguat. Apalagi setelah mendengar seorang Nabi yang bukan dari bangsa mereka.

Suatu hari, orang-orang Yahudi Madinah terkejut ketika mendengar seorang pendeta Yahudi bernama Abdullah bin Salam memeluk Islam. Setelah memeluk Islam, Abdullah bin Salam mengajak keluarganya untuk turut serta. Namun, ia masih merahasiakan keislamannya kepada teman-teman Yahudinya.

“Ya Rasulullah, saya khawatir kaumku akan menghinaku dan merendahkan aku jika mereka tahu aku masuk Islam,” demikian kata Abdullah kepada Rasulullah.

“Sudikah kiranya Anda menanyakan tentang saya kepada kaum saya.”

Rasulullah pun mengabulkan permintaan itu. Beliau menanyakan kepada orang Yahudi mengenai pendapat mereka tentang Abdullah bin Salam. Ternyata orang-orang Yahudi berkata yang baik-baik tentang Abdullah bin Salam. “Dia pemimpin kami, pendeta kami, dan cendekiawan kami.”

Mendengar itu, Abdullah bin Salam pun keluar menemui kaumnya dan berkata: “Aku telah memeluk Islam. Kalau kalian menganggapku sebagai pemimpin, pendeta, dan cendekiawan, kalian bisa memercayaiku bahwa sungguh agama yang dibawa Rasulullah adalah agama yang benar.”

Namun, apa yang terjadi? Wajah orang-orang Yahudi pucat kehilangan darah karena begitu terkejut. Sesaat, tidak seorang pun yang bicara. Kemudian, bukannya berpikir jernih, mereka menanggapi Abdullah bin Salam dengan marah. “Kamu pasti sudah dihinggapi kegilaan dengan meninggalkan agama kita.”



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Kisah #Rasulullah #Marah #Saat #Orang #Yahudi #Menanyakan #Hal #Ini

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved