Kisah Abdullah Ayah Nabi Muhammad SAW, Pemuda Tampan yang Wafat di Usia Muda – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Kisah Abdullah Ayah Nabi Muhammad SAW, Pemuda Tampan yang Wafat di Usia Muda

Published

on

Kisah Abdullah Ayah Nabi Muhammad SAW, Pemuda Tampan yang Wafat di Usia Muda



loading…

Abdullah putra Abdul Muthalib , ayahanda Nabi Muhammad SAW , semasa muda amatlah tampan. Di kening Abdullah ada cahaya kenabian, sehingga banyak perempuan Quraisy yang menginginkan dirinya. Beliau menikahi Aminah saat berusia 24 tahun dan tak lama setelah itu beliau wafat.

Baca juga: Kisah Penemuan Harta Karun Saat Abdul Muthalib Menggali Sumur Zamzam

Muhammad Husain Haekal dalam bukunya berjudul ” Sejarah Hidup Muhammad ” menceritakan usia Abdul Muttalib sudah hampir mencapai 70 tahun, ketika itu umur Abdullah anaknya sudah 24 tahun.

Usia 24 tahun itu sudah tiba masanya untuk dikawinkan. Pilihan Abdul Muthalib jatuh kepada Aminah binti Wahb bin Abd Manaf bin Zuhra. Wahb adalah pemimpin suku Zuhra ketika itu yang sesuai pula usianya dan mempunyai kedudukan terhormat.

Pergilah Abdul Muthalib dan Abdullah mengunjungi keluarga Zuhra. Mereka menemui Wahb dan melamar puterinya. Menurut Haekal, sebagian penulis sejarah berpendapat, bahwa ia pergi menemui Uhyab, paman Aminah, sebab waktu itu ayahnya sudah meninggal dan dia di bawah asuhan pamannya.

Pada hari perkawinan Abdullah dengan Aminah itu, Abdul-Muttalib juga menikah dengan Hala, puteri pamannya. Dari perkawinan ini lahirlah Hamzah, paman Nabi dan yang seusia dengan dia.

Abdullah dengan Aminah tinggal selama tiga hari di rumah Aminah, sesuai dengan adat kebiasaan Arab bila perkawinan dilangsungkan di rumah keluarga pengantin puteri. Sesudah itu mereka pindah bersama-sama ke keluarga Abdul Muttalib.

Tak berapa lama kemudian Abdullah mesti pergi dalam suatu usaha perdagangan ke Suriah. Beliau meninggalkan isteri, Siti Aminah, yang kala itu dalam keadaan hamil.

Baca juga: Arwa binti Abdul Muthalib, Juru Dakwah Nabi SAW yang Kuat Argumentasinya

Cahaya Kenabian
Sementara itu, Abul Fayyadh Al-Khats’ami sebagaimana dikutip dalam buku “Uyun Al-Hikayat Min Qashash Ash-Shalihin wa Nawodir Az-Zahidin” karya Imam Ibnul Jauzi meriwayatkan, pada suatu ketika Abdulah berjalan melewati seorang perempuan dari suku Khats’am yang bernama Fathimah binti Murr. Dia adalah perempuan yang sangat cantik, masih muda, dan sangat menjaga kemuliaan dirinya.



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Kisah #Abdullah #Ayah #Nabi #Muhammad #Pemuda #Tampan #yang #Wafat #Usia #Muda

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved