Keruntuhan Umat Islam Akhir Zaman – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Keruntuhan Umat Islam Akhir Zaman

Published

on

Keruntuhan Umat Islam Akhir Zaman



loading…

Ustaz Ahmad Sarwat Lc MA
Pengasuh Rumah Fiqih Indonesia

Salah satu karakteristik ilmu, termasuk ilmu agama adalah perkembangannya yang tidak bisa dibendung di sepanjang time line sejarah. Bisa dalam arti bermunculannya cabang dan ranting baru, atau pun juga berupa penyempurnaan dari cabang dan ranting yang sudah ada sebelumnya.

Dalam bidang ilmu tafsir misalnya, khususnya dalam penyajiannya, terakhir muncul cabangnya baru yaitu tafsir maudhu’i. Sesuatu yang jauh sebelumnya belum dikenal, tapi akhirnya jadi sebuah disiplin ilmu yang berdiri sendiri dan diakui.

Baca Juga: Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia Menurut 4 Teori

Padahal, ilmu tafsir sendiri awalnya justru lahir dari ilmu hadits. Awalnya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan para sahabat menjelaskan pengertian suatu ayat di dalam hadits.

Karena jumlah hadits-hadits yang menjelaskan suatu ayat cukup banyak, akhirnya disusunlah kitab hadits yang isinya secara khusus mencantum hadits tentang ayat-ayat Qur’an saja.

Jadilah kemudian sebagai kitab tafsir generasi pertama, yang intinya tafsir merupakan tafsir bil-ma’tsur. Salah satunya Tafsir Ath-Thabari yang terkenal itu.

Namun kitab hadits sendiri di masa kenabian belum ditulis. Justru Nabi melarang para sahabat untuk menuliskan hadits-haditsnya, yang boleh ditulis hanya ayat-ayat Al-Qur’an saja. Sedangkan hadits hanya boleh dihafalkan saja.

Tapi teks Al-Quran yang ditulis di masa kenabian masih sangat sederhana. Bentuk hurufnya pun tidak bisa kita baca, kecuali setelah dilengkapi di masa berikutnya dengan harakat dan syakal.

Bahkan mushaf Qur’an di masa kenabian masih berupa keping-keping puzzle berantakan. Posisi dan urutan surat dan ayatnya belum tersusun seperti yang kita kenal sekarang ini. Di masa ini juga belum dikenal ilmu-ilmu pendukung untuk memahami Al-Qur’an, seperti ilmu balaghah, mantiq, bayan, ma’ani, badi’ dan seterusnya.



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved