Jibril Memiliki Kedudukan Mulia di Sisi Allah Ta’ala, Ini Kelebihannya – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Jibril Memiliki Kedudukan Mulia di Sisi Allah Ta’ala, Ini Kelebihannya

Published

on

Jibril Memiliki Kedudukan Mulia di Sisi Allah Ta’ala, Ini Kelebihannya



bertugas menyampaikan wahyu dan risalah kenabian, sekaligus berhubungan secara personal dengan para nabi dan rasul. Malaikat Jibril dinamakan dua kali dalam Al-Quran yaitu pada

ayat 4. Jibril memiliki beberapa nama lain, seperti Ruh al-Amin dan Ruh al-Qudus (Roh Kudus), Ar-Ruh Al-Amin dan yang lain.

Prof Dr Umar Sulaiman al-Asyqar dalam bukunya berjudul “Rahasia Alam Malaikat, Jin, dan Setan” menjelaskan di antara para malaikat, maka Jibril memiliki kedudukan yang mulia di sisi Allah SWT. Secara fisik saja, malaikat Jibril memiliki kelebihan.

Para malaikat itu memiliki sayap-sayap sebagaimana diberitahukan oleh Allah SWT. Ada malaikat yang memiliki dua sayap, ada yang memiliki tiga sayap, ada yang memiliki empat sayap, dan ada yang memiliki lebih dari itu. Sementara itu, Jibril memiliki enam ratus sayap.

الْحَمْدُ لِلَّهِ فَاطِرِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ جَاعِلِ الْمَلَائِكَةِ رُسُلًا أُولِي أَجْنِحَةٍ مَثْنَىٰ وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ ۚ يَزِيدُ فِي الْخَلْقِ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ[aranClose]“Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga, dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.” ( QS Fathir : 1)

Menurut Syaikh Umar Sulaiman, Allah SWT menciptakan para malaikat dalam wujud-wujud yang indah. Tentang malaikat Jibril, Allah SWT berfirman:

عَلَّمَهٗ شَدِيۡدُ الۡقُوٰىۙ
ذُوۡ مِرَّةٍؕ فَاسۡتَوٰىۙ

Yang diajarkan kepadanya oleh (Jibril) yang sangat kuat. Yang mempunyai akal yang cerdas dan (Jibril itu) menampakkan diri dengan rupa yang asli.” ( QS An-Najm : 5-6)



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Jibril #Memiliki #Kedudukan #Mulia #Sisi #Allah #Taala #Ini #Kelebihannya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved