Jejak Zaman Keemasan Islam di Timbuktu, Dimulai Mansa Musa – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Jejak Zaman Keemasan Islam di Timbuktu, Dimulai Mansa Musa

Published

on

Jejak Zaman Keemasan Islam di Timbuktu, Dimulai Mansa Musa

[ad_1]

loading…

Timbuktu berfungsi sebagai pusat intelektual utama peradaban Islam selama abad ke-15 dan ke-16. Foto/Ilustrasi: GOOGLE ARTS & CULTURE

Timbuktu, yang terletak di pusat Mali , berfungsi sebagai pusat intelektual utama peradaban Islam selama abad ke-15 dan ke-16. Kala itu, Islam berada pada zaman keemasan.Laman history.com menyebut warisan kawasan sebagai destinasi intelektual dimulai dengan Epik Sundiata. Menurut puisi epik abad ke-13, pangeran Mandinka dari negara bagian Kangaba, mengorganisir perlawanan yang sukses melawan raja Sosso Sumaoro Kanté yang kejam—dan sebuah kerajaan baru lahir.

Kekaisaran Mali di hulu Sungai Niger kemudian tumbuh dalam kekuasaan dan prestise. Ketika raja Mali yang kuat, Mansa Musa I, dengan damai mencaplok kota Timbuktu pada tahun 1324 setelah kembali dari ziarah ke Makkah, kekaisaran menjadi pusat pembelajaran, budaya, dan arsitektur yang luar biasa.

Pos Perdagangan Kuno
Timbuktu pernah menjadi pos perdagangan musiman yang didirikan pada 1100, tempat Gurun Sahara dan Delta Niger bertemu, menciptakan zona pertanian yang subur dan menguntungkan. Kerajaan-kerajaan Afrika Barat yang kuat dan Tuareg penggembala di Sahara Selatan berdagang di sini.

Ketika Islam datang ke masyarakat Tuareg pada awal abad ke-8, kaum Tuareg menyebarkan agama tersebut melalui pos perdagangan seperti Timbuktu, memfasilitasi hubungan antara masyarakat Arab-Islam dan Afrika Barat.

Di bawah Mansa Musa I dan penerusnya, Timbuktu berubah dari pos perdagangan kecil tapi sukses menjadi pusat perdagangan dan beasiswa, menjadikan kerajaan Mali salah satu yang paling berpengaruh di Zaman Keemasan Islam.

Raja-raja Afrika Barat yang kuat dan para pemimpin Islam melakukan perjalanan dari jauh ke Timbuktu untuk berdagang, belajar, dan membina sekutu politik yang kuat.

Pada abad ke-16, Timbuktu menampung 150 hingga 180 sekolah Al-Quran, atau Maktab. Penguasa Mali juga membangun masjid besar, tidak hanya untuk latihan spiritual, tetapi juga sebagai pusat pembelajaran matematika, hukum, tata bahasa, sejarah, geografi, astronomi, dan astrologi.

Jejak Zaman Keemasan Islam di Timbuktu, Dimulai Mansa Musa

Ibadah dan Ilmu
Sementara kaum Tuareg membangun masjid pertama, Masjid Sankoré, di Timbuktu pada tahun 1100-an, Mansa Musa I melakukan perbaikan yang signifikan terhadapnya, mengundang cendekiawan Islam penting, atau ulama, untuk meningkatkan pamornya.

Mansa Musa I kemudian membangun Masjid Djinguereber, membayar ulama Islam terkenal Abu Ishaq Al Saheli 200 kilogram emas untuk mengawasi pembangunannya.

Kemudian pada abad ke-15, ketika penguasa Tuareg Akil Akamalwa berkuasa di kerajaan Mali, dia membangun masjid agung Sidi Yahya. Bersama-sama, ketiga pusat pembelajaran, atau Madrasah ini, masih berfungsi sampai sekarang sebagai Universitas Koranic Sankore, menjadikannya fasilitas pendidikan tinggi tertua di Afrika Sub-Sahara.

Masjid dan sekolah menjamur di Timbuktu, mencerminkan apa yang ditemukan di kota-kota Islam berkembang lainnya di Kairo dan Makkah.

Dalam artikelnya African Bibliophiles: Books and Libraries in Medieval Timbuktu, California State University, pustakawan San Bernardino Brent D. Singleton menulis bahwa “di Timbuktu, melek huruf dan buku melampaui nilai ilmiah dan melambangkan kekayaan, kekuasaan, dan baraka (berkah),” dan bahwa perolehan buku secara khusus “disebutkan lebih sering daripada pameran kekayaan lainnya”.

Pengetahuan yang terkandung di dalam buku-buku tersebut mencerminkan tatanan masyarakat Mali. Abdel Kader Haidara, seorang sarjana Mali yang mengawasi pelestarian lebih dari 350.000 manuskrip dari era ini, mengatakan bahwa “selain literatur akademik dan ilmiah, ada banyak bagian yang berisi puisi dan dedikasi untuk wanita.”

Haidara menambahkan bahwa wanita memiliki peran penting dalam menjaga warisan Mali dan berkontribusi pada pekerjaan yang cermat dalam melestarikan manuskrip kuno.

Timbuktu juga unik dari kota-kota besar Islam lainnya selama Zaman Keemasan Islam. Misalnya, sementara Kairo dan Makkah mempertahankan kebijakan akses terbuka ke perpustakaan masjidnya, perpustakaan Timbuktu semuanya tampaknya merupakan koleksi pribadi para cendekiawan atau keluarga, menurut Singleton.

Tak heran jika buku-buku di Timbuktu menjadi harta berharga yang diturunkan dari generasi ke generasi. Praktik ini mencerminkan tradisi sejarah lisan Afrika Barat yang diturunkan oleh Griots, musisi dan pendongeng Afrika Barat yang terhormat yang merupakan penjaga sejarah kerajaan dan keluarga kerajaan.

Griots berasal dari kelompok etnis Mandinka yang sama dengan Sundiata dan bertanggung jawab untuk menyusun epiknya. Sama seperti beasiswa Islam di Timbuktu, peran Griot hanya diturunkan melalui garis keturunan dan diperoleh melalui magang yang ekstensif.

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Jejak #Zaman #Keemasan #Islam #Timbuktu #Dimulai #Mansa #Musa

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved