Inilah 2 Dampak Negatif Tidur Setelah Subuh – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Inilah 2 Dampak Negatif Tidur Setelah Subuh

Published

on

Inilah 2 Dampak Negatif Tidur Setelah Subuh



loading…

Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia, karena dengan tidur maka setiap manusia ‘istirahat’ dari aktivitas kesehariannya. Porsi tidur pun, idealnya sehari semalam berada dalam kisaran 6-8 jam. Namun, di antara waktu tidur tersebut, Islam melarang umatnya untuk tidak tidur di waktu-waktu tertentu.

Baca juga: Surat Ar-Rum 21 : Doa dan Keberkahan Pernikahan

Kenapa dilarang? Karena sudah pasti ada dampak negatif yang ditimbulkannya. Dalam Islam, salah satu waktu yang dilarang untuk tidur ini adalah setelah subuh.

Allah SWT berfirman:

وَمِنْ آيَاتِهِ مَنَامُكُمْ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَابْتِغَاؤُكُمْ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَسْمَعُونَ

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan“ (Q.S Ar-Rum: 23)

Dari ayat tersebut, Allah telah memberikan penjelasan tentang segala aspek kehidupan kita, Begitupun dengan alasan kenapa kita patut menghindari tidur setelah subuh.

Baca juga: Pengamat Ungkap 2 Syarat Cawapres Pendamping Anies Baswedan

Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah berkata, “Tidur setelah subuh mencegah rezeki, karena waktu subuh adalah waktu mahluk mencari rezeki mereka dan waktu dibagikannya rezeki. Tidur setelah subuh suatu hal yang dilarang [makruh] kecuali ada penyebab atau keperluan.”( Zadul Ma’ad fi Hadyi Khairil ‘Ibaad 4/222).

Selain itu, Ibnu Qayyim Al-Jauziyah juga menjelaskan, “Tidur setelah subuh sangat berbahaya bagi badan karena melemahkan dan merusak badan karena sisa-sisa [metabolisme] yang seharusnya diurai dengan berolahraga/beraktifitas,”( Zadul Ma’ad fi Hadyi Khairil ‘Ibaad 4/222).



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved